Tol Fungsional Solo-Yogya Dibuka Pagi Ini

Simpang susun Karanganom
Penampakan simpang susun Karanganom tol Solo-Yogya.

Semarang, Idola 92,6 FM-Jalan tol Solo-Yogya mulai pagi ini, dibuka secara fungsional guna melayani para pemudik tujuan ke Klaten maupun Yogyakarta.

Tol fungsional Solo-Yogya, dibuka mulai pukul 06.00-17.00 WIB.

Pj Gubernur Jawa Tengah Nana Sudjana mengatakan jalan tol Solo-Yogya siap dibuka secara fungsional, sebagai jalur mudik Lebaran 2024. Hal itu dikatakan saat meninjau jalan tol tersebut, kemarin.

Menurutnya, jalan tol Solo-Yogya dibuka fungsional dengan exit berada di Karanganom maupun Ngawen.

Jalan tol fungsional sepanjang kurang lebih 22,3 kilometer tersebut, sudah disediakan pos pengamanan dan pelayanan di pintu masuk dan exit-nya.

Nana menjelaskan, tol fungsional Solo-Yogya hanya dibuka pada siang hari karana jalan tol tersebut masih dalam proses pembangunan.

Bahkan, jalur tersebut juga belum dilengkapi dengan lampu penerangan dan rambu lalu lintas.

“Peran dari jalan tol Solo-Yogya ini sangat penting walaupun belum selesai, masih fungsional. Ini baru bisa digunakan sampai Klaten. Ini difungsikan satu jalur, berlaku mulai tanggal 5-11 April,” kata Nana.

Lebih lanjut Nana menjelaskan, saat arus balik nanti jalan tol Solo-Yogya juga akan difungsikan dan mulai diberlakukan pada 12-15 April 2024.

Nana memerkirakan, puncak arus mudik Lebaran terjadi pada 6-8 April 2024.

“Jawa Tengah sebagai salah satu tempat tujuan dan perlintasan pemudik telah mempersiapkan semua. Baik dari segi infrastruktur maupun pendukung lainnya, termasuk pos pengamanan, pelayanan dan pos terpadu,” pungkasnya. (Bud)

Artikel sebelumnyaKonsumsi BBM Diprediksi Naik Akhir Pekan Ini
Artikel selanjutnyaLibur Lebaran, Operator Telekomunikasi Tambah Jaringan