Kabar Baik Bagi Pemudik, Tol Solo-Yogya Dibuka Fungsional Saat Lebaran

Jalur fungsional tol Solo-Yogya
Penampakan jalur fungsional tol Solo-Yogya yang akan dibuka saat Lebaran.

Semarang, Idola 92,6 FM – Kabar baik bagi para pemudik yang akan menuju Yogyakarta dari arah Solo atau Kartasura, saat Lebaran nanti jalan tol Solo-Yogya akan dibuka secara fungsional.

Pembukaan jalan tol Solo-Yogya secara fungsional itu, untuk memecah kemacetan yang biasa terjadi di Pertigaan Tugu Kartasura.

Direktur Keuangan dan Umum Jogjasolo Marga Makmur Yhanni Haryanto mengatakan pembukaan jalur fungsional tol Solo-Yogya itu dilakukan mulai H-7 Lebaran dari arah Colomadu ke Yogyakarta. Demikian sebaliknya usai Lebaran, maka jalurnya diubah dari Yogyakarta ke Colomadu satu arah. Hal itu dikatakan saat ditemui di Kantor Jasa Marga Semarang, belum lama ini.

Yhanni menjelaskan, sekitar Pertigaan Tugu Kartasura saat terjadi kemacetan akan membuat lalu lintas mengunci.

Akibatnya, waktu tempuh dari Pertigaan Tugu Kartasura menuju Yogyakarta bisa menjadi lebih lama.

Menurutnya, dengan pembukaan jalur fungsional tol Solo-Yogya akan memangkas waktu tempuh sebanyak satu jam menuju Yogyakarta.

Hal itu, akan memberikan kenyamanan kepada pemudik yang akan menempuh perjalanan ke Yogyakarta tanpa rasa khawatir terjebak kemacetan.

“Itu sebetulnya dalam rangka untuk mengantisipasi apabila terjadi kemacetan di Pertigaan Tugu Kartasura, sehingga kita akan membuka jalan fungsional Lebaran sepanjang enam kilometer dari arah Ngasem keluar pintu tol Colomadu sampai dengan Desa Sawit tepatnya di Desa Keteguhan di wilayah Boyolali,” kata Yhanni.

Lebih lanjut Yhanni menjelaskan, pembukaan jalur fungsional tol Solo-Yogya untuk mengantisipasi kemacetan di jalan nasional utamanya mulai Pertigaan Tugu Kartasura.

Rencananya, pembukaan jalur fungsional itu akan dilakukan secara situasional yang dibuka mulai pukul 07.00-17.00 WIB.

“Harapannya, upaya ini membuat para pemudik tidak terjebak macet di jalur padat lalu lintas,” jelasnya.

Diketahui, jalan tol Solo-Yogya yang akan difungsikan saat Lebaran sepanjang enam kilometer.

Jalur yang dibuka itu berupa jalan beton rigid sepanjang empat kilometer, dan lean concrete sepanjang dua kilometer. (Bud)