Sabtu Besok Puncak Arus Mudik Lewat Gerbang Tol Kalikangkung

Nasrullah
Dirut Jasamarga Semarang-Batang Nasrullah saat menempelkan stiker mobil siaga dimulainya kegiatan arus mudik Lebaran.

Semarang, Idola 92,6 FM-Jasamarga Semarang-Batang sudah bersiap, dalam rangka memberikan pelayanan kepada para pemudik saat melintas di Gerbang Tol (GT) Kalikangkung.

Diperkirakan, puncak arus mudik yang melintas di GT Kalikangkung terjadi pada Sabtu (6/4) besok.

Direktur Utama Jasamarga Semarang-Batang Nasrullah mengatakan pihaknya menyiapkan empat aspek pelayanan, yang akan diberikan kepada para pemudik saat melintas di ruas tol Semarang-Batang. Pernyataan itu dikatakan saat ditemui usai menggelar apel pasukan di kantornya, Selasa (2/4).

Nasrullah menjelaskan, keempat aspek pelayanan yang diberikan itu adalah pelayanan transaksi dan pelayanan lalu lintas serta pelayanan reservasi maupun pelayanan di rest area.

Untuk aspek pelayanan transaksi menyambut kedatangan para pemudik di GT Kalikangkung, akan dioptimalkan 10 gardu di gerbang utama ditambah tujuh gardu miring atau gardu satelit serta 20 mobile reader.

Menurut Nasrullah, guna mengantisipasi adanya mobil pemudik yang mengalami kendala di ruas tol Semarang-Batang juga telah disiagakan 10 unit mobil derek.

“Untuk per hari ini belum signifikan, nanti kita lihat. Karena kita perkirakan beban puncaknya akan terjadi pada tanggal 6 April. Kalau hari normal di ruas Semarang-Batang ini lalin harian rata-rata kita itu 25 ribu, dari Jakarta ke Semarang atau sebaliknya. Nanti di tanggal 6 April kita perkirakan mencapai 71.900 kendaraan per harinya,” kata Nasrullah.

Lebih lanjut Nasrullah menjelaskan, untuk pengaturan di rest area pihaknya juga telah menambah jumlah petugas guna mengatur pergerakan arus lalu lintas.

Guna mengurangi kepadatan di dalam rest area, juga akan dimaksimalkan slot tempat parkir yang ada.

“Kami mengimbau kepada para pemudik, saat berada di rest area tidak lebih dari 30 menit. Apabila lebih dari 30 menit, dikhawatirkan terjadi penumpukan arus lalu lintas,” pungkasnya. (Bud)