PDIP Kuasai 30 Persen Kursi DPRD Jawa Tengah

Ketua KPU Jateng Yulianto Sudrajat menandatangani hasil rapat pleno perolehan jumlah kursi parpol dan caleg DPRD di Hotel Santika, Sabtu (10/8).

Semarang, Idola 92.6 FM – KPU Jawa Tengah menggelar rapat pleno perolehan jumlah kursi partai politik (parpol) dan calon anggota DPRD terpilih di Hotel Santika, Sabtu (10/8). Pada Pemilu 2019 ini, jumlah kursi DPRD Jateng ada 120 kursi meningkat dari sebelumnya yang hanya 100 kursi.

Ketua KPU Jateng Yulianto Sudrajat mengatakan setelah salinan putusan dari Mahkamah Konstitusi (MK) terkait sengketa pemilu diterima, maka pihaknya menggelar rapat pleno perolehan jumlah kursi parpol dan caleg DPRD Jateng. Karena, hasil pemilu kemarin dianggap tidak ada sengketa dan 10 gugatan dari parpol ditolak MK.

Menurutnya, dari hasil rapat pleno itu diketahui PDIP menjadi parpol pemenang Pemilu 2019.

Yulianto menjelaskan, sebagai pemenang Pemilu 2019, PDIP juga tercatat sebagai parpol paling banyak mendapatkan kursi di DPRD Jateng. Jumlahnya mencapai 30 persen atau 42 kursi, dari sembilan parpol yang dinyatakan sebagai pemenang dan berhak mendapatkan kursi di parlemen.

“Jumlah kursi untuk DPRD Provinsi Jawa Tengah adalah 120 kursi. Peringkat pertama PDIP dapat 42 kursi, PKB 20 kursi, Gerindra 13 kursi, Golkar 12 kursi, PKS 10 kursi, PPP sembilan kursi. Terus ada PAN, Demokrat dan Nasdem. Hasil ini kita kirimkan ke mendagri melalui gubernur, untuk usulan pelantikan. Maksimal tujuh hari setelah rapat pleno penetapan jumlah kursi dan calon terpilih,” kata Yulianto.

Yulianto lebih lanjut menjelaskan, terkait dengan waktu pelantikan caleg DPRD Jateng terpilih akan menunggu keputusan dari Kementerian Dalam Negeri.

“Ini adalah akhir dari tugas KPU dari seluruh tahapan Pemilu 2019,” pungkasnya. (Bud)

Artikel sebelumnyaIdul Adha, Pertamina Tambah 9 Persen Pasokan Elpiji Secara Fakultatif
Artikel selanjutnyaMerefleksi Hari Raya Idul Adha, Bagaimana Mengkoversi Makna Berkurban di Tengah Berbagai Persoalan Bangsa?

BERIKAN KOMENTAR

Tulis komentar anda!
Tulis nama anda disini