Pemprov Jateng Minta Warga Terdekat Merapi Jaga Jarak Dalam Radius 3 Km

Gubernur Ganjar Pranowo berdialog dengan warga Desa Sumber, Kecamatan Dukun, Kabupaten Magelang terkait kondisi Gunung Merapi yang berstatus waspada.

Semarang, Idola 92.6 FM – Gunung Merapi yang meletus dan mengeluarkan abu vulkanik pada Minggu (17/11) kemarin, saat ini kondisinya sudah stabil. Namun demikian, warga yang berdekatan dengat Gunung Merapi tetap diimbau waspada.

Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo mengimbau kepada warga di sekitar Merapi, untuk tidak mendekat dalam radius tiga kilometer. Hal itu dimaksudkan, untuk menghindari kejadian yang tidak diinginkan.

Ganjar menjelaskan, untuk masyarakat Desa Sumber di Kecamatan Dukun, Kabupaten Magelang diwanti-wanti tidak mendekat dalam radius tiga kilometer. Para perangkat desa dan relawan, diminta mengkondisikan warganya untuk selalu siap siaga dengan kondisi Gunung Merapi.

“Masyarakat diminta jangan masuk radius tiga kilometer, harus di luar radius itu. Maka kita minta perangkat, pemerintah dan relawan semuanya untuk bareng-bareng mengedukasi masyarakat. Saya terima kasih, di sini ada sister village. Sehingga, kalau terjadi sesuatu mereka sudah terlatih dengan pengumuman lewat masjid-masjid. Saya kira, itu cara yang paling efektif untuk membuat desa ini tangguh bencana. Insya Allah, semuanya siap,” kata Ganjar belum lama ini.

Lebih lanjut Ganjar menjelaskan, sebenarnya untuk masyarakat Desa Sumber sudah cukup paham dengan karakter Gunung Merapi. Bahkan, warga juga telah beberapa kali melakukan pelatihan kebencanaan.

“Tadi warga kita tanya, katanya yang letusan kemarin itu cuma kecil. Itu kondisi sosiologis yang membuat kita tenang, karena kita tahu ke mana mereka harus menyelamatkan diri jika terjadi letusan yang besar,” jelasnya.

Saat ini, lanjut Ganjar, di sekitar Gunung Merapi telah dipasang belasan kamera pemantau (CCTV) dan 24 Seismik. (Bud)

Artikel sebelumnyaGuru Honorer di SLB Surakarta Minta Diangkat Jadi PNS
Artikel selanjutnyaDishub Jateng Pastikan Jalur KA Dari Bandara Adi Soemarmo ke Stasiun Balapan Solo Selesai Akhir Tahun Ini