Saka Bhakti Husada Jateng Siap Bantu Dinas Kesehatan Layani Pemudik

Semarang, Idola 92.6 FM – Sudah menjadi kegiatan rutin setiap tahun pada masa arus mudik balik Lebaran, sejumlah elemen masyarakat menyiapkan diri untuk menyambut datangnya hari raya. Tidak terkecuali anggota Saka Bhakti Husada Kwarda Jawa Tengah, akan ikut terjun ke lapangan membantu pemudik yang melintas di Jateng.

Wakil Ketua Kwarda Jateng Bidang Pembinaan Satuan Agung Suparyoko mengatakan para anggota Pramuka Saka Bhakti Husada sudah dbekali keterampilan, di dalam membantu masyarakat yang membutuhkan pertolongan kesehatan. Sehingga, keterampilan itu akan diaplikasikan pada masa arus mudik dan balik Lebaran nanti.

Menurutnya, anggota Pramuka Saka Bhakti Husada di setiap kwartir cabang nantinya akan diterjunkan ke setiap posko mudik yang ada di daerahnya masing-masing.

Agung menjelaskan, anggota Pramuka Saka Bhakti Husada akan memberikan bantuan pelayanan kesehatan yang dibutuhkan pemudik ketika singgah di posko mudik.

“Kalau kegiatan arus mudik balik di Pramuka itu merupakan kegiatan yang kita namakan Karya Bhakti Lebaran. Pramuka punya kegiatan yang namanya Karya Bhakti Lebaran, dan masing-masing kwartir cabang se-Jawa Tengah itu bersama dengan posko instansi terkait ikut bertugas. Adik-adik Saka Bhakti Husada ini bertugas di posko terkait di dalam pelayanan kesehatan,” kata Agung, kemarin.

Lebih lanjut Agung menjelaskan, anggota Pramuka Saka Bhakti Husada menjadi relawan nonkesehatan yang membantu tugas-tugas dari Dinas Kesehatan setempat. Sehingga, anggota Pramuka itu ditempatkan di posko kesehatan milik Dinas Kesehatan di sepanjang jalur mudik yang ada di Jateng.

Kepala Dinkes Jateng Yulianto Prabowo menambahkan, relawan nonkesehatan dari anggota Saka Bhakti Husada itu bisa diperbantukan pada pertolongan pertama pada kecelakaan (P3K) dan pertolongan masalah kesehatan lainnya.

“Kita kan punya posko kesehatan yang terpadu dengan posko mudik instansi lain. Anggota Pramuka Saka Bhakti Husada itu bisa bergabung dengan tim kesehatan kita,” ucap Yulianto. (Bud)

Artikel sebelumnyaGelar Pertida 2019, Saka Bhakti Husada Ikut Sosialisasi Program Dinkes Jateng
Artikel selanjutnyaJasa Raharja Bersama Pemprov Jateng Akan Gelar Mudik Gratis
Wartawan senior Radio Idola Semarang.