Seberapa Mendesak Desain Kementerian dalam Menjawab Kebutuhan Bangsa?

Semarang, Idola 92.6 FM – Desain ulang struktur kabinet pemerintahan periode 2019-2024 terlebih dahulu akan dimatangkan sebelum Presiden Joko Widodo membahas pembagian jabatan kementerian di pemerintahan baru. Saat ini, kita ketahui bersama, kursi menteri tidak hanya diincar partai-partai politik pendukung Jokowi tetapi juga eks pendukung Prabowo Subianto.

Pada Kongres PDI P awal Agustus mendatang, pembahasan struktur cabinet di pemerintahan Joko Widodo-Ma’ruf Amin menjadi salah satu agenda utama. Sekjen PDI P Hasto Kristiyanto mengatakan, saat ini belum ada pembahasan terkait jatah menteri di koalisi. Prioritas utama adalah menyelesaikan struktur kementerian sebelum membicarakan jatah menteri asal partai.

Mengikuti dinamika ini, tentunya kita mendukung langkah mematangkan desain ulang kementerian ini, mengingat hal ini mencerminkan fokus dan arah pemerintah ke depan.

Lantas, dalam konteks ini, seberapa mendesak desain ulang kementerian dan menjawab kebutuhan nyata bagi Bangsa? Hal-hal apa saja yang pokok dan wajib ada dalam upaya mendesain kementerian mengingat desain kementerian mencerminkan fokus dan arah pemerintah ke depan?

Guna menjawab pertanyaan-pertanyaan itu, Radio Idola Semarang berdiskusi dengan beberapa narasumber, yakni: Guru Besar Ilmu Pemerintahan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik UGM Yogyakarta Purwo Santoso dan Dewan Syuro DPP PKB KH Maman Imanulhaq. (Heri CS)

Berikut wawancaranya:

Artikel sebelumnyaMenyoal Seleksi Anggota KPI yang Dinilai Tak Transparan dan Janggal
Artikel selanjutnyaClosing Ceremony, Atlet ASG 2019 Diajak ke Candi Borobudur

BERIKAN KOMENTAR

Tulis komentar anda!
Tulis nama anda disini