Warga Miskin Grobogan Dapat Sambungan Listrik Gratis

Listrik gratis untuk warga miskin
Petugas PLN memberi bantuan sambungan listrik gratis kepada warga miskin di Grobogan.

Semarang, Idola 92.6 FM – PLN Unit Induk Distribusi (UID) Jawa Tengah-Yogyakarta memberikan bantuan berupa sambungan listrik gatis kepada warga kurang mampu di 22 kecamatan di Kabupaten Grobogan, baru-baru ini.

Senior Manager Niaga PLN UID Jateng-DIY Eko Suharno mengatakan pemberian bantuan sambungan listrik gratis itu, secara imbolis dilakukan di Desa Asemrudung, Kecamatan Geyer, Kabupaten Grobogan. Penyambungan gratis ini, merupakan bagian dari program One Man One Hope.

Eko menjelaskan, program ini bisa memberikan manfaat yang besar kepada masyarakat. Sehingga, mampu meningkatkan taraf hidup warga dan membantu menggerakan perekonomian di Jateng.

Menurutnya, untuk wilayah yang berada di bawah PLN Unit Pelaksana Pelayanan Pelanggan (UP3) Demak telah tersambung 108 rumah tangga dari rencana 191 rumah tangga.

“Gerakan sosial yang digagas PLN ini, merupakan program kegiatan sosial berupa donasi sukarela dari pegawai PLN. Yakni, untuk membantu pasang baru listrik bagi rumah tangga kurang mampu. Satu pegawai punya kewajiban membantu minimal satu warga kurang mampu,” kata Eko.

Lebih lanjut Eko menjelaskan, saat ini angka rasio elektifikasi di Kabupaten Grobogan telah mencapai 95,88 persen. Angka itu meningkat dari sebelumnya, yang berada di angka 95.42 persen di awal Agustus 2019.

Salah satu warga Desa Grayar, Simin mengaku senang rumahnya sudah tersambung aliran listrik. Dirinya sudah menunggu selama 42 tahun, untuk bisa menikmati aliran listrik di rumahnya.

“Alhamdulillah, terima kasih kepada PLN. Akhirnya, setelah 42 tahun punya sambungan listrik sendiri. Semoga PLN tambah maju dan sukses,” ujar Simin.

Terpisah, Kabag Humas Kabupaten Grobogan Teguh Hardjokusumo menyatakan, berdasarkan data BPS menyebutkan jika penduduk miskin di wilayahnya per 2018 adalah 12,7 persen. Sehingga, pemkab terus berupaya menekan jumlah penduduk miskin.

“Kami menilai, bantuan PLN ini benar-benar tepat sasaran. Warga yang dibantu adalah warga yang memang pantas untuk dibantu. Langkah PLN yang berperan aktif untuk meningkatkan taraf kehidupan di Kabupaten Grobogan, patut dicontoh. Salut untuk PLN,” ucap Teguh. (Bud)

Artikel sebelumnyaBalai Besar POM Semarang Terus Maksimalkan Pengawasan Peredaran Obat Lewat Dua Cara
Artikel selanjutnyaKudus, Kawasan “Seksi” dan Menawan bagi Investor
Wartawan senior Radio Idola Semarang.