PLN Imbau Warga Tak Main Layang-layang Dekat Jaringan Listrik

Pekerja PLN sedang melakukan perawatan jaringan listrik

Semarang, Idola 92,6 FM-Benang atau layang-layang menjadi salah satu ancaman gangguan, bila sampai mengenai jaringan listrik milik PLN. Oleh karena itu, PLN Unit Induk Distribusi (UID) Jawa Tengah-Yogyakarta meminta masyarakat tidak bermain layang-layang yang dekat atau di sekitarnya terdapat jaringan listrik.

GM PLN UID Jateng-DIY Feby Joko Priharto mengatakan gangguan listrik tidak hanya disebabkan karena gesekan dengan ranting pohon, tetapi juga bisa jadi karena benang atau layang-layang yang tersangkut di jaringan listrik. Gangguan listrik yang diakibatkan karena layang-layang, akan berdampak serius pada suplai listrik ke rumah-rumah pelanggan.

Feby menjelaskan, meskipun pihaknya tidak memiliki catatan berapa kasus pemadaman listrik karena gangguan layang-layang tetapi kondisi itu diharapkan jangan sampai terjadi.

Menurutnya, bermain layang-layang di dekat jaringan listrik sangat berbahaya. Karena, ancamannya juga terhadap keselamatan jiwa masyarakat.

“Dapat menghindari kemungkinan bermain layang-layang, di daerah atau dekat dengan jaringan kita. Bisa saja bermainnya itu jauh dari jaringan kita, tapi kalau putus dan menyambar ke kawat kita juga akan menyebabkan gangguan,” kata Feby belum lama ini.

Lebih lanjut Feby meminta kepada masyarakat, agar berhati-hati bermain layang-layang. Karena, apabila terjadi gangguan kelistrikan yang diakibatkan layang-layang maka pelakunya dikenai hukuman sesuai dengan UU tentang Ketenagalistrikan.

“Saya mengajak masyarakat, untuk bersama-sama menjaga seluruh aset kelistrikan yang ada di wilayahnya masing-masing. Tujuannya, agar masyarakat bisa menikmati listrik dengan aman dan nyaman,” pungkasnya. (Budi aris)

Artikel sebelumnyaJateng Butuh Tambahan 20 Tenaga Laboratorium COVID-19
Artikel selanjutnyaLobi Gedung OJK Jateng Roboh