553 Warga Miskin Terima Sambungan Listrik Gratis

Bantuan sambungan listrik gratis
PLN menyerahkan bantuan sambungan listrik gratis kepada salah satu warga di Dusun Kambangan, Desa Gondoriyo, Kecamatan Bergas di Kabupaten Semarang bos.

Semarang, Idola 92,6 FM – Sebanyak 553 warga kurang mampu yang ada di wilayah Jawa Tengah dan Yogyakarta, mendapat penyambungan listrik gratis, melalui program PLN Virtual Charity Run and Ride (VCRR) 2020. Program yang dilaksanakan PLN Unit Induk Distribusi (UID) itu, dalam rangka memeringati Hari Listrik Nasional ke-75.

General Manager PLN UID Jateng-DIY Feby Joko Priharto mengatakan setiap penerima bantuan, akan mendapatkan penyambungan listrik secara gratis. Penyambungan juga termasuk instalasi listrik dalam rumah, dan sertifikat laik operasi.

Feby menjelaskan, listrik yang telah dipasang di rumah-rumah warga kurang mampu itu bisa dimanfaatkan dengan baik para penerima bantuan. Sebagai pilot project penyambungan listrik bagi warga kurang mampu, dipilih Kabupaten Magelang dan diterima langsung Bupati Zaenal Arifin.

“Alhamdulillah, kita berkesempatan untuk menyalakan salah satu rumah pelanggan yang berhak. Tentunya, yang belum berlistrik. Kita berikan listrik secara gratis mulai dari instalasi, sertifikasi dan pasang barunya,” kata Feby, kemarin.

Lebih lanjut Feby menjelaskan, berkaitan dengan kegiatan VCRR 2020 ini mengangkat tema “Energimu Cahaya Bagiku”. Kegiatan lari dan bersepeda itu mengajak para peserta menerapkan gaya hidup sehat, dan setiap kilometer yang ditempuh pelari serta pesepeda dikonversikan dalam bentuk Rupiah.

Menurutnya, hasil konversi digunakan untuk membiayai penyambungan listrik masyarakat yang tidak mampu dengan daya 450 VA di seluruh Indonesia.

“Sampai dengan saat ini telah terkumpul dana sebanyak Rp394.012.500, yang merupakan konversi dari hasil jarak lari dan sepeda yang telah diselesaikan peserta PLN VCRR 2020. PLN VCRR sendiri merupakan ajang lari dan bersepeda, yang bisa dilakukan di mana saja kapan saja dan dapat dicicil jarak lari dan bersepedanya untuk tujuan beramal,” pungkasnya. (Bud)