Agus Munawar, Inisiator Gerakan Literasi dari Ciamis

Agus Munawar
Agus Munawar, Inisiator Gerakan Literasi dari Ciamis, Jawa Barat (Photo: Dok Agus)

Semarang, Idola 92.6 FM – Mengenal Agus Munawar, Inisiator Gerakan Literasi dari Ciamis Jawa Barat. Sejak tahun 2000 atau 20 tahun yang lalu Agus menjadi pengerak literasi. Dalam kurun itu, ia telah meninggalkan jejak berupa rumah baca dan komunitas di beberapa tempat di Kabupaten Bandung. Seperti mendirikan Perpustakaan Taman Bacaan Masyarakat (TBM) Arjasari dan Sudut Baca Soreang.

Setelah melihat keberhasilan gerakan di literasi di Kabupaten Bandung, Agus memilih pulang kampung. Di Desa Winduraja Kecamatan Kawali Kabupaten Ciamis, ia membangun gerakan literasi. Ia merancang kegiatan literasi yang menyenangkan. Anak-anak tidak hanya didorong untuk membaca tetapi juga dilibatkan dalam kegiatan pelestarian alam dan budaya lokal.

Atas dedikasi Agus selama 20 tahun bertungkus lumus dengan buku-buku dan literasi, sejumlah penghargaan pun ia peroleh. Di antaranya: Perpustakaan Nasional RI Nugra Jasadarma Pustaloka (2014); TBM Sudut Baca Soreang sebagai TBM Kreatif-Rekreatif dari kemendikbud (2012); dan Gubernur Jawa Barat sebagai Pengelola TBM Bidang Perpustakaan (2011).

Selengkapnya mengenai sosok Agus Munawar dengan segudang aktivitasnya di bidang literasi, berikut ini wawancara radio Idola Semarang dengan Inisiator Gerakan Literasi dari Ciamis Jawa Barat tersebut. (yes/her)

Dengarkan podcast wawancaranya:

Artikel sebelumnyaOJK Kerja Keras Ikut Tangani Pandemi Tidak Hanya di Atas Kertas
Artikel selanjutnyaMendorong agar Pesantren Menjadi Salah Satu Infrastruktur Pendidikan Penting Bagi Bangsa?