BI Perluas Bank Umum Yang Terima Penukaran UPK 75 RI

Uang Baru 75ribu
Uang Peringatan Kemerdekaan 75 Tahun Republik Indonesia.

Semarang, Idola 92,6 FM – Kantor Perwakilan Bank Indonesia Jawa Tengah melakukan perluasan kepada semua perbankan umum, yang siap melayani penukaran Uang Peringatan Kemerdekaan 75 Tahun RI (UPK 75 RI) dari masyarakat. Sehingga, masyarakat belum dan berminat menukarkan uang khusus itu bisa mendatangi bank umum terdekat.

Kepala KPw BI Jateng Soekowardojo mengatakan bagi masyarakat yang belum memiliki atau menginginkan UPK 75 RI, bisa melakukan penukaran ke bank umum terdekat. Masyarakat tinggal memilih cara penukarannya, bisa secara kolektif dengan jumlah minimal 17 orang penukar atau memanfaatkan layanan online milik BI.

Soekowardojo menjelaskan, untuk di wilayah Jateng sudah diatur pembagian UPK 75 RI di empat kantor perwakilan. Yakni KPw BI Jateng di Kota Semarang dialokasikan 3,7 juta lembar, Solo sebanyak (1,5 juta lembar), Tegal dan Purwokerto masing-masing 1,2 juta lembar. Total ada 7,6 juta lembar UPK 75 RI.

Masyarakat yang akan melakukan penukaran UPK 75 RI di bank umum, diharapkan tetap patuh pada protokol kesehatan.

“Kini Bank Indonesia membuka kesempatan seluas-luasnya bagi seluruh bank, untuk menjadi agen penghimpun atau koordinator pendaftaran penukaran UPK 75 RI melalui skema penukaran kolektif. Dengan skema ini, masyarakat yang ingin melakukan penukaran UPK 75 RI hanya perlu mendaftar pada bank umum terdekat di wilayahnya masing-masing dan mengambil UPK 75 RI pada bank tempat mendaftar,” kata Soekowardojo, kemarin.

Lebih lanjut Soekowardojo menjelaskan, UPK 75 RI merupakan alat pembayaran yang sah. Sehingga, masyarakat bisa menggunakan untuk melakukan transaksi atau dibelanjakan sesuai nilai nominalnya.

“Kalau ada yang ingin koleksi tidak apa-apa, karena kami tidak melarang. Sebab, itu bagian dari sebuah hobi,” pungkasnya. (Bud)

BERIKAN KOMENTAR

Tulis komentar anda!
Tulis nama anda disini