BPJS Kesehatan dan DKK Semarang Dorong Puskesmas dan Klinik Bisa Berprestasi Tingkatkan Layanan Kesehatan

Juri dari BPJS Kesehatan Cabang Semarang
Juri dari BPJS Kesehatan Cabang Semarang dan Dinas Kesehatan Kota Semarang saat melakukan verifikasi puskesmas dan klinik pratama yang menjadi peserta FKTP Berprestasi 2020.

Semarang, Idola 92,6 FM – Bersama dengan Dinas Kesehatan Kota Semarang, BPJS Kesehatan Cabang Semarang menggelar penilaian Fasilitas Kesehatan Tingkat Pratama (FKTP) Berprestasi 2020.

Kepala Bidang Penjaminan Manfaat Primer BPJS Kesehatan Cabang Semarang Asri Wulandari mengatakan dari puluhan FKTP di Kota Semarang, terpilih 12 FKTP yang layak mengikuti ajang FKTP Berprestasi 2020. Ke-12 FKTP terpilih itu terdiri dari enam puskesmas, dan enam klinik pratama berhak mengikuti seleksi FKTP Berprestasi.

Menurutnya, BPJS Kesehatan Cabang Semarang bersama Dinas Kesehatan Kota Semarang bersinergi sebagai juri dalam ajang penilaian tersebut.

“Komponen penilaian seperti persyaratan umum klinik, pelayanan pendaftaran pasien, pelayanan laboratorium, peningkatan mutu klinis dan keselamatan pasien. Indikator kinerja klinik, dan indikator kinerja dalam pelaksanaan program JKN-KIS,” kata Asri, Kamis (20/2).

Lebih lanjut Asri menjelaskan, di Kota Semarang terdapat program Universal Health Coverage (UHC) dan sudah 95 persen lebih penduduknya terjangkau JKN-KIS.

“Harapannya tentu, puskesmas dan klinik pratama yang menjadi pemenang, bisa menjalankan fungsi dan memberikan pelayanan kesehatan yang lebih paripurna. Di samping itu, puskesmas dan klinik pratama pemenang bisa menjadi teladan dan menularkan semangat kerja mereka kepada FKTP lainnya,” jelasnya.

Kabid Yankes Dinas Kesehatan Kota Semarang Rahma Defi menambahkan, keberhasilan pelayanan kesehatan di FKTP bisa memberikan kontribusi yang besar dalam meningkatkan derajat kesehatan masyarakat. Akhirnya, mampu memacu peningkatan akses pelayanan kesehatan yang berkualitas di FKTP dengan melakukan berbagai terobosan.

“Penghargaan tahunan FKTP Berprestasi merupakan salah satu bentuk usaha pemerintah, dalam memacu peningkatan akses pelayanan kesehatan yang berkualitas bagi masyarakat. Penilaian FKTP Berprestasi dilakukan dalam bentuk pembinaan dan pengawasan secara terintegrasi serta berjenjang, dalam mendukung keberhasilan pembangunan di bidang kesehatan,” ujar Rahma.

Rahma menyebut, pengumuman juara lomba FKTP berprestasi akan dilakukan bersamaan dengan upacara HUT Kota Semarang pada 2 Mei 2020 mendatang. (Bud)

Artikel sebelumnyaLayani Kebutuhan Uang Kartal, Program BI Jangkau Sasar Wilayah Terpencil di Jateng
Artikel selanjutnyaPLN Jateng-DIY Layani 47 Pelanggan Premium

BERIKAN KOMENTAR

Tulis komentar anda!
Tulis nama anda disini