Cegah Virus Corona, KKP Semarang Pindai Suhu Tubuh Penumpang Pesawat Dari Luar Negeri

Thermal Scanner Bandara Ahmad Yani
Petugas Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) Semarang mengamati suhu tubuh penumpang pesawat menggunakan Thermal Scanner di Bandara Internasional Ahmad Yani, Kamis (23/1).

Semarang, Idola 92,6 FM – Dalam upaya pencegahan penyebaran Virus Corona atau Novel Coronavirus (nCov), Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) Semarang di Bandara Internasional Jenderal Ahmad Yani melakukan pemeriksaan penumpang pesawat asal luar negeri, Kamis (23/1). Pemeriksaan dilakukan dengan menggunakan Thermal Scanner, untuk memantau suhu tubuh setiap penumpang yang turun dari pesawat Air Asia AK 328 tujuan Kuala Lumpur-Semarang.

Kepala KKP Semarang dokter Ariyanti mengatakan di Bandara Internasional Jenderal Ahmad Yani memang sudah tersedia Thermal Scanner dari Kementerian Kesehatan, yang memang diperuntukkan bagi pemeriksaan suhu tubuh manusia. Utamanya, untuk mendeteksi adanya penyebaran virus penyakit yang terbawa penumpang pesawat dari negara endemis terjangkit penyakit tertentu.

Ariyanti menjelaskan, untuk Virus Corona ini wilayah endemis pertama dari Kota Wuhan dari negara Tiongkok. Kemudian, wabah pneumonia dengan cepat menyebar dan menjadi sorotan dunia.

Menurutnya, dengan Thermal Scanner akan diketahui jika suhu tubuh seorang penumpang di atas 38 derajat Celcius. Sehingga, akan segera dilakukan pemeriksaan lanjutan.

“Jadi, pengawasan untuk kedatangan penumpang dalam hal ini KKM atau Kedaruratan Kesehatan Masyarakat yang kita sudah mengetahui bahwa sekarang sedang terjadi kasus kesehatan yang sebabkan Corona virus. Lalu pengawasannya seperti apa? Setiap penumpang yang datang akan kita awasi suhunya, yaitu melalui alat Thermal Scanner. Setiap orang akan diawasi suhunya, apabila seseorang terindikasi demam panas maka akan terdeteksi akan terpantau,” kata Ariyanti.

Lebih lanjut Ariyanti menjelaskan, dari 158 penumpang pesawat Air Asia tujuan Kuala Lumpur-Semarang setelah dilakukan pemeriksaan tidak ditemukan suhu tubuh di atas 38 derajat Celcius. Sehingga, para penumpang itu dinyatakan bersih dari Virus Corona.

“Kami mengawasi dua bandara dan satu pelabuhan yang ada di wilayah Jawa Tengah. Kita lakukan pengawasan secara fisik, terhadap para penumpang yang terlihat sakit,” pungkasnya. (Bud)

https://www.instagram.com/p/B7ps4UfHBdp/?utm_source=ig_web_copy_link

Artikel sebelumnyaPemprov Jateng Dorong Kabupaten/kota Selesaikan Pencetakan KTP-el
Artikel selanjutnya[PhotoEvent] Panggung Civil Society Edisi Januari 2020

BERIKAN KOMENTAR

Tulis komentar anda!
Tulis nama anda disini