Dilema Dunia Pendidikan Menyongsong Tahun Ajaran Baru di Era Pandemi

Semarang, Idola 92.6 FM-Dunia pendidikan nasional seolah tertatih menghadapi normal baru. Keberagaman kondisi sekolah beserta siswa dan guru membuat penerapan normal baru tidak bisa disamaratakan. Banyak sekolah belum siap membuka kembali kegiatan belajar mengajar tatap muka secara fisik. Para guru masih kesulitan menerapkan protokol kesehatan pencegahan Covid-19. Bisa diibaratkan–menyongsong Tahun Ajaran Baru 2020/2021, dunia pendidikan dalam situasi dilema.

Setiap keputusan yang akan diambil saat tahun ajaran baru pada pertengahan Juli 2020 memiliki konsekuensi. Jika melanjutkan pembelajaran jarak jauh seperti sekarang, pemerintah dituntut mengatasi keterbatasan jaringan internet di sebagian wilayah Indonesia. Jika sekolah dibuka untuk belajar tatap muka langsung, perlu disiapkan sarana dan penerapan protokol kesehatan yang ketat untuk menjaga warga sekolah dari penularan Covid-19.

Lantas, dilema dunia pendidikan menyongsong tahun ajaran baru di era Pandemi: pilihan apa yang sebaiknya dipilih? Apakah belajar jarak jauh melanjutkan kemarin yang telah berjalan dengan berbagai masalah? Atau kalau Langsung, seberapa protokol kesehatan dipenuhi dan aman sehingga orang tua bisa melepas anaknya tanpa rasa khawatir ke sekolah?

Guna menjawab pertanyaan-pertanyaan itu, radio Idola Semarang berdiskusi dengan:  Dr. Itje Chodjidjah (Dosen pendidikan Universitas Muhammadiyah Prof Hamka) dan Muhammad Ramli Rahim (Ketua Umum Ikatan Guru Indonesia (IGI)). (her)

https://anchor.fm/radio-idola/episodes/wawancara-Dr–Itje-Chodjidjah-Dosen-pendidikan-Universitas-Muhammadiyah-Prof-Hamka-ef7nc7

https://anchor.fm/radio-idola/episodes/Muhammad-Ramli-Rahim-Ketua-Umum-Ikatan-Guru-Indonesia-IGI-ef7nek

Artikel sebelumnyaBang Gesti, Petani Milenial dari Kupang
Artikel selanjutnyaMenyongsong Era Normal Baru, Apa yang Harus Diperhatikan dan Tidak Boleh Dilanggar?