Dinkes Jateng Ingatkan Masyarakat Yang Puasa Tetap Perhatikan Nutrisi di Tengah Pandemi

Kebutuhan Nutrisi Saat Puasa (Ilustrasi)

Semarang, Idola 92,6 FM – Meskipun sedang menjalankan ibadah puasa Ramadan, namun masyarakat muslim tetap diimbau untuk selalu memerhatikan kesehatan diri. Terutama, soal asupan gizi dan nutrisi yang cukup di tengah wabah virus Korona.

Kepala Dinas Kesehatan Jawa Tengah Yulianto Prabowo mengatakan ada beberapa tips yang bisa diterapkan masyarakat muslim, saat menjalankan ibadah puasa di tengah pandemi. Sehingga, badan tetap bugar dan nutrisi serta gizi tetap terpenuhi.

Yulianto menjelaskan, wabah COVID-19 bukan alasan untuk tidak menjalankan ibadah puasa Ramadan. Meskipun diketahui bersama, jika pandemi itu memang menjadi krisis dunia dan memengaruhi tatanan kehidupan manusia.

Yulianto Prabowo, Kepala Dinkes Jateng
Yulianto Prabowo, Kepala Dinkes Jateng.

Menurutnya, selama puasa dan tubuh tetap fit serta terhindar dari risiko penularan virus Korona maka masyarakat harus selalu memerhatikan asupan gizi yang seimbang.

“Pesan saya, konsumsi makanan di bulan puasa ini dengan memperhatikan nilai dan asupan gizi yang seimbang. Buah dan sayur itu sangat diutamakan, untuk dikonsumsi karena itu akan menambah vitamin dalam tubuh. Serta, untuk meningkatkan imunitas dan stamina. Diutamakan buah-buahan yang kaya vitamin C, seperti jeruk dan pisang. Lalu, aktivitas fisik penting sekali terutama olahraga ringan,” kata Yulianto, Selasa (28/4).

Yulianto lebih lanjut menjelaskan, masyarakat juga jangan lupa berjemur di pagi hari untuk memercepat metabolisme vitamin D di dalam tubuh. Sehingga, meskipun sedang berpuasa tetap tidak melupakan berjemur di pagi hari.

“Pilih saja antara jam 09.00 pagi, dan maksimal sebelum jam 10.00 pagi. Kemudian, untuk olahraga ringan sesuaikan dengan kebiasaan. Bisa pagi, siang atau sore hari,” jelasnya.

Namun demikian, Yulianto tetap menyarankan masyarakat mengurangi kegiatan di luar rumah selama puasa. Tujuannya, sebagai upaya memutus mata rantai dari penularan virus Korona. (Bud)

Artikel sebelumnyaPemprov Jateng Minta Tidak Ada Lagi Pengusiran Perawat Dari Tempat Tinggalnya
Artikel selanjutnyaAkibat Pandemi, Pertumbuhan Ekonomi Jateng Diprediksi Merosot

BERIKAN KOMENTAR

Tulis komentar anda!
Tulis nama anda disini