Jasmine Aulia
Jasmine Aulia, Mahasiswi Universitas Diponegoro Semarang, peraih penghargaan dari Thailand Inventors Day. (Photo: dok Aulia)

Semarang, Idola 92.6 FM – Teknologi pasca-panen menjadi salah satu problem yang dihadapi para nelayan. Mulai dari pengemasan hingga pengawetan agar ikan yang dipanen awet dan tidak segera membusuk.

Seolah menjawab persoalan klasik para nelayan itu, baru-baru ini, seorang mahasiswi Universitas Diponegoro Semarang berhasil menemukan alat pengawet ikan. Adalah Jasmine Aulia, mahasiswi yang kini telah lulus dari Undip Semarang, kreator Fishco-Box, boks pendingin ikan. Atas inovasinya itu, Jasmine diberi penghargaan dalam ajang Thailand Inventors Day tahun 2019.

Tujuan pembuatan alat ini untuk membantu para nelayan menangani masalah dalam pascapanen ikan sebelum dijual ke tengkulak atau ke pasar tradisional. Selain itu, Fishco-Box juga tergolong ramah lingkungan murah dan juga mudah untuk dibuat. Sebab, dalam pembuatannya ia menggunakan barang-barang bekas yang tak merusak lingkungan. Seperti kaca bekas akuarium. Sehingga, cocok bagi para nelayan yang menghadapi masalah pengawetan hasil tangkapan.

Selengkapnya mengenai apa itu Fishco-Box dan bagaimana perjalanan menemukannya, berikut ini wawancara radio Idola Semarang dengan kreator Fishco-Box, Jasmine Aulia. (yes/her)

Dengarkan podcast wawancaranya:

Artikel sebelumnyaTriwulan III Jateng Alami Kontraksi 3,93 Persen
Artikel selanjutnyaMenyoroti Ancaman Kebebasan Akademik; Di Antara Kepentingan Pragmatis dan Tanggung Jawab Publik

BERIKAN KOMENTAR

Tulis komentar anda!
Tulis nama anda disini