Juni, Kementerian PUPR Resmikan 4 Ruas Tol Baru

Semarang, Idola 92,6 FM-Kementerian PUPR pada Juni 2020 ini, akan meresmikan empat ruas jalan tol di seluruh Indonesia. Yakni Banda Aceh-Sigli seksi IV, Pekanbaru-Dumai, Balikpapan-Samarinda dan Manado-Bitung.

Menteri PUPR Basuki Hadimuljono mengatakan ruas jalan tol Banda Aceh-Sigli seksi IV itu memiliki panjang 14 kilometer, Pekanbaru-Dumai 131 kilometer dan Balikpapan-Samarinda 33 kilometer.

Menurutnya, Kementerian PUPR sudah menggelontorkan investasi untuk pembangunan jalan tol sebesar Rp396 triliun.

Basuki menjelaskan, hingga akhir tahun nanti juga akan menyusul sejumlah ruas jalan tol diresmikan. Di antaranya Pettarani-Makassar, dan Kriyan-Legundi-Bunder Manyar. Sedang ruas tol lainnya yang akan direncanakan pembangunannya ada 10 ruas jalan rol, di antaranya Solo-Yogya dan Semarang-Balaraja.

“Kami akan meresmikan empat ruas tol pada bulan Juni ini. Aceh, Pekanbaru-Dumai dan Balikpapan-Samarinda. Akan ada beberapa ruas lagi yang akan diresmikan, sampai Desember 2020 ini. Khusus Semarang-Demak, sudah akan dimulai. Itu termasuk yang akan dimulai pembangunannya,” kara Basuki, Kamis (11/6).

Lebih lanjut Basuki menjelaskan, beberapa ruas jalan tol lainnya juga akan dilelang. Di antaranya adalah ruas Bawen-Yogya, dan Solo-Yogya. Khusus Solo-Yogya, ada Penjaminan Infrastruktur Indonesia yang ditunda hingga enam pekan. Sehingga tanda tangan kontrak, bisa dilakukan pada Oktober 2020 mendatang.

“Selain jalan tol, kami juga memastikan proyek lainnya seperti pembangunan bendungan dan irigasi terus jalan. Ada lima bendungan di NTT, Jawa Tengah, Sulawesi Tengah, Kalimantan Timur dan Gorontalo. Sebagian masuk proses lelang, dan sisanya proses konstruksi,” jelasnya.

Sementara, Kementerian PUPR juga merehabilitasi sembilan jaringan irigasi besar pada tahun ini. Nilai kontraknya mencapai Rp3,1 triliun, dan berada di daerah Indramayu, Jawa Barat seluas 88 hektare. (Budi Aris)

Artikel sebelumnyaMengenal Rangkong Gading bersama Yoki Hadiprakarsa
Artikel selanjutnyaPemprov Jateng Minta Tracing ASN Pemkot Semarang Yang Positif COVID-19  

BERIKAN KOMENTAR

Tulis komentar anda!
Tulis nama anda disini