Konsumsi BBM Diprediksi naik 8 persen Pada Libur Natal dan Tahun Baru

Pertamina Siapkan Stok BBM jelang natal dan tahun baru

Semarang, Radio Idola 92,6 FM – Jumlah konsumsi bahan bakar minyak (BBM)  jenis gasoline pada libur natal dan tahun baru 2021 di wilayah Jawa tengah diprediksi mengalami peningkatan sebesar 8 % dibandingkan dengan hari biasa.

Menurut Pjs. Unit Manager Communication, Relations & CSR Pertamina Jawa Bagian Tengah, Arya Yusa Dwicandra, saat ini rata – rata konsumsi BBM  jenis gasoline mencapai 11.750 kilo liter per hari.

“kendati diprediksi mengalami kenaikan, namun jumlah konsumsi BBM itu masih lebih rendah jika dibandingkan dengan rata – rata konsumsi harian sebelum pandemi,”ungkap Arya

Sementara untuk konsumsi produk lainnya seperti BBM jenis Gasoil, pihaknya memprediksi akan terjadi penurunan sebesar 11% yaitu dari 5.700 KL menjadi 5.100 KL per hari.  Sedangkan Avtur juga diprediksi akan mengalami kenaikan 10 % dari 175 KL menjadi 193 KL.

“Penurunan ini diperkirakan akan terjadi mengingat pengguna kendaraan jenis diesel yang didominasi oleh sektor industri akan libur selama natal dan tahun baru”, tambah Arya.

Sebagai langkah antisipasi kenaikan konsumsi BBM selama libur natal dan tahun baru 2021, PT Pertamina (Persero) di Regional Jawa Bagian Tengah akan menyiagakan stok BBM. Selain itu pertamina juga mengaktifkan Satgas natal dan tahun baru sebagai upaya antisipasi kesiapan stok BBM dan LPG jika terjadi peningkatan aktifitas masyarakat.

“Walaupun pandemi masih melanda Indonesia dan global, Pertamina tetap mengaktifkan SATGAS Natal dan Tahun Baru yang telah dimulai semenjak tanggal 7 Desember 2020 kemarin dan akan berakhir pada tanggal 11 Januari 2021”, ujar Arya. (tim)