Lakukan Pemeliharaan Rutin, PLN Pastikan Pasokan Listrik Tetap Andal

Petugas melakukan pemotongan ranting dan dahan pohon yang mengganggu jaringan listrik

Semarang, Idola 92,6 FM-Jajaran PLN terus menjaga komitmennya, di dalam memenuhi kebutuhan pelanggan akan pasokan listrik. Sehingga, keandalan kelistrikan selalu terjaga dengan melakukan pemeliharaan rutin.

Manager PLN Unit Pelaksana Pelayanan Pelanggan (UP3) Semarang Donny Adriansyah mengatakan pihaknya terus berkomitmen, untuk menjaga pasokan listrik kepada para pelanggannya. Tujuannya, agar kontinuitas listrik ke rumah-rumah pelanggan selalu andal.

Donny menjelaskan, listrik merupakan kebutuhan yang penting untuk mendukung aktivitas masyarakat. Karena, hampir seluruh sendi kehidupan manusia memerlukan listrik untuk menjalankan proses bisnisnya.

“Salah satu upaya yang dilakukan PLN untuk menjaga pasokan listrik, dengan melakukan pemeliharaan jaringan listrik. PLN menjalankan kegiatan pemeliharaan jaringan tersebut secara rutin,” kata Donny, Jumat (19/6).

Lebih lanjut Donny menjelaskan, proses pemeliharaan jaringan listrik terdiri dari beberapa kegiatan. Mulai dari penggantian peralatan dan material yang telah usang, penggantian tiang dan peninggian andongan kabel karena rendah dan menjaga jarak aman jaringan dari pohon dengan kegiatan pemotongan pohon.

“Dalam kegiatan pemotongan pohon, PLN bekerja sama dengan Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman Kota Semarang. Tujuannya, agar kegiatan pemotongan pohon aman dan memenuhi kaidah estetika tata kota. Pemeliharaan jaringan ini tidak bisa serta merta, tetapi harus terjadwal dengan baik. Sebab, kegiatan ini terkadang membutuhkan pembebasan tegangan listrik demi keselamatan petugas pelaksana,” pungkasnya. (Budi Aris)