Lebih Dekat dengan Bonnie Triyana, Pendiri Majalah Historia

pendiri Historia, Bonnie Triyana

Semarang, Idola 92.6 FM-Mengenal Bonnie Triyana, pendiri majalah sejarah populer Historia. Lebih dari 20 tahun, Bonnie bergelut dalam perjuangan menghadirkan berbagai informasi sejarah agar menjadi wacana publik. Ilmu sejarah yang dianggap membosankan dan sebelumnya hanya dibahas secara formal dibawa Bonnie ke ranah popular dan menjadi diskursus masyarakat baik di media resmi maupun media sosial.

Menurut Bonnie, informasi dan narasi sejarah adalah proses berdialog terus-menerus sehingga tak ada kebeneran tunggal. Selalu mungkin ada fakta-fakta baru yang bisa ditemukan. Narasi sejarah dan kesadaran masyarakat sangat penting di sebuah negara majemuk seperti Indonesia. Bonnie mengingatkan situasi di tanah kelahirannya, Banten, yang di pedalamannya hingga hari ini masih ada berbagai hal yang belum berubah dari era Multatuli 150 tahun silam.

Dalam kiprahnya, Bonnie turut ambil bagian dalam berbagai aktivitas. Di antaranya perintis Museum Multatuli di Rangkasbitung tahun 2018, pameran DNA Asal-usul Orang Indonesia tahun 2019, pemulangan artefak dari Belanda tahun 2020, dan konsultan Rijksmuseum, Belanda.

Selengkapnya, lebih dekat dengan ilmu sejarah dan Majalah Historia, radio Idola Semarang mewawancara dengan pendiri Historia, Bonnie Triyana. (her)

https://anchor.fm/radio-idola/episodes/Wawancara-bersama-pendiri-Historia–Bonnie-Triyana-eglrmp

Artikel sebelumnyaBagian Artefak Candi Duduhan Mijen Hilang
Artikel selanjutnyaRedenominasi, Mendesakkah? Apa Plus Minusnya bagi Mata Uang Rupiah RI?