Mengenal Aplikasi untuk Cegah Keracunan karya Tim Mahasiswa UB Malang

Tim Pembuat Aplikasi untuk Cegah Keracunan

Semarang, Idola 92.6 FM-Tim Mahasiswa Universitas Brawijaya (UB) Malang berhasil membuat aplikasi untuk mencegah keracunan makanan, Application Based on Digital Transformation for Food Safety Implementation as Educational Facilities in Animal Science and Human Health (AFSA). AFSA merupakan aplikasi untuk mengedukasi masyarakat tentang cara penanganan food safety yang benar khususnya produk peternakan.

Alat ini dibuat oleh 5 mahasiswa dari Fakultas Peternakan dan satu mahasiswa fakultas kedokteran. —

Seperti diketahui, produk peternakan seperti daging, telur, dan susu adalah produk yang mudah rusak. Apabila salah dalam penanganan dan penyimpanan bisa menyebabkan keracunan pada makanan tersebut.

Aplikasi ini memiliki tiga icon seperti tips, check product quality, dan profile. Pada menu utama memuat informasi mengenai produk peternakan mulai dari harga hingga kasus keracunan makanan. Sedangkan di menu tips, terdapat beberapa rekomendasi penanaman food safety seperti penyimpanan atau proses, rekomendasi masakan dari produk peternakan, dan menu makanan dari negara lain.

Melalui aplikasi ini tim kolaborasi antar fakultas tersebut mendapatkan silver medal dalam ajang Thailand Inventor’s day 2020 dalam International Intellectual Property, Invention, Innovation, and Technology Exposition di Bangkok, 2-6 Februari 2020.

Selain Siti Nur Ulfah, mahasiswa pencipta aplikasi yang tergabung dalam tim yakni: M. Alfan Nurdin (mahasiswa Fakultas Peternakan), Saskia Amalia Puspita Dewi (Fakultas Peternakan), Rifaldi Fadilah (Fakultas Peternakan), Himatul Ulya Al Ulumiyah (Fakultas Peternakan), dan Muslimaturrahma (Fakultas Kedokteran)

Selengkapnya mengenai apa dan fungsi Application Based on Digital Transformation for Food Safety Implementation as Educational Facilities in Animal Science and Human Health (AFSA),  berikut ini wawancara radio Idola Semarang dengan Siti Nur Ulfah, mahasiswa Fakultas Peternakan UB dan salah satu tim pembuat apliaksi. (her)

https://anchor.fm/radio-idola/episodes/wawancara-bersama-Siti-Nur-Ulfah–mahasiswa-Fakultas-Peternakan-UB-eh4b4f

Artikel sebelumnyaMengenal Yuli Sungkowo, Penyuluh Petani Gandum dari Lereng Gunung Bromo
Artikel selanjutnyaMerefleksi Hari Anak Nasional di Tengah Pandemi Covid-19
Jurnalis senior dan koordinator liputan Radio Idola Semarang.