Mengenal Rosita, Robot Multiguna Kreasi UMP

Rosita, Robot Multiguna Kreasi Universitas Muhammadiyah Purwokerto

Semarang, Idola 92.6 FM-Namanya Rosita. Akronim dari Robot Asisten Perawat. Robot multiguna untuk pelayanan covid-19 hasil kreasi dari Fakultas Teknik dan Sains (FTS) Universitas Muhammadiyah Purwokerto (UMP) Banyumas, Jawa Tengah. Mulai Rabu 24 Juni 2020, Rosita mulai diperbantukan di PKU Muhammadiyah Gombong, Kebumen.

Rosita disebut sebagai robot asisten perawat. Bentuknya seperti rak buku. Ada rak di bagian robot tersebut. Paling atas dilengkapi dengan kamera, penyemprot disinfektan, dan pengukur suhu. Sedangkan, di bagian bawah ada sensor gerak. Robot itu menggunakan energi baterai yang dapat diisi ulang. Robot digerakkan dari pusat pengendali melalui laptop. Sinyalnya dipancarkan melalui internet.

Selain dilengkapi dengan pengukur suhu, Rosita dilengkapi dengan penyemprot disinfektan. Fungsi lainnya adalah mengantarkan makanan dan obat tanpa melibatkan manusia.

Selengkapnya, mengenai apa itu Rosita dan fungsinya apa saja, berikut ini wawancara radio Idola Semarang dengan  Dekan FTS Universitas Muhammadiyah Purwokerto, Teguh Marhendi. (her)

https://anchor.fm/radio-idola/episodes/wawancara-bersama-Dekan-FTS-Universitas-Muhammadiyah-Purwokerto–Teguh-Marhendi-eg5gb3

Artikel sebelumnyaJokowi Dorong Daerah Beri Stimulus Ekonomi Bagi Pelaku UMKM
Artikel selanjutnyaMerefleksi Hari Bhayangkara ke-74.  Upaya Perbaikan Apa yang Mesti Dilakukan pada  Institusi Polri?