Mengenal Toni Artaka, Inisiator Taman Anggrek Ranu Darungan

Toni Artaka, Taman Anggrek
Toni Artaka (jaket merah), Inisiator Taman Anggrek Ranu Darungan TNBTS bersama Samian, salah satu perawat Taman Anggrek. (Photo: dok Toni)

Semarang, Idola 92.6 FM – Taman Anggrek Ranu Darungan merupakan tempat menangkarkan anggrek hutan Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (TNBTS). Ratusan jenis anggrek endemik TNBTS berada di taman seluas 3.600 meter persegi di Pronojiwo, Lumajang.

Adalah Toni Artaka, inisiator Taman Anggrek Ranu Darungan yang juga sebagai Kepala Resor Ranu Darungan di Lumajang Jawa Timur. Taman yang dibangun tahun 2017 itu sehari-hari dirawat oleh warga desa Pronojiwo yaitu Ismail dan Samian. Dahulu mereka pemburu anggrek. Kini mereka penggerak konservasi.

Pendataan anggrek secara resmi dimulai sejak 2016. Toni dan tim, keluar masuk hutan, siang dan malam untuk memotret anggrek. Setelah ratusan foto anggrek diperoleh, Toni justru galau untuk memublikasikan. Tapi ia justru khawatir foto ini mengundang pemburu dan kolektor untuk datang dan mengambili anggrek endemik semeru.

Lalu, bagaimana Toni bisa mengembangkan taman anggrek ini? Bagaimana peran warga setempat untuk mendukung usaha Toni dalam melestarikan anggrek-anggrek tersebut? Selengkapnya, mengenai Taman Anggrek Ranu Darungan dan kiprah sosok penggiat di baliknya, berikut ini wawancara radio Idola Semarang dengan Toni Artaka, Inisiator Taman Anggrek Ranu Darungan dan Kepala Resor Ranu Darungan di Lumajang Jawa Timur. (yes/her)

Dengarkan podcast wawancaranya:

Artikel sebelumnyaMuseum Ranggawarsita Resmikan Pameran Bersama Virtual yang diikuti 20 Museum se-Jawa Tengah
Artikel selanjutnyaDinkes Jateng Sudah Lakukan 70 Ribu Lebih Tes PCR