Semarang, Idola 92.6 FM-Beratnya ongkos yang mesti dikeluarkan para nelayan saat melaut membuat sosok satu ini prihatin. Maka, ia pun memutar otak. Sejak tahun 2010, ia pun melakukan riset dan menciptakan alat yang mampu mengubah sistem bahan bakar mesin yang sebelumnya menggunakan bensin menjadi berbahan bakar gas atau LPG. Dengan konverter ini, pengeluaran operasional para nelayan pun bisa ditekan.

Amin Ben Gas
Mr. Shinichi Itakura Presiden Direktur PT Honda Power Products Indonesia (HPPI) datang ke Pontianak, Kalbar, pada (16/11) kemarin untuk menemui Amin. Itakura kagum dan salut dengan teknologi konverter kit ABG. (Photo: dok Amin Ben Gas)

Adalah Amin Ben Gas atau akrab dipanggil Pak Amin, penggagas konverter kit Amin Ben Gas (ABG) dari Kabupaten Kubu Raya, Kalimantan Barat.

Konverter Kit karya Amin
Konverter Kit karya Amin. (Photo: dok Amin Ben Gas)

Berkat inovasinya, Amin meraih peringkat ke-2 dalam ajang Inovasi Indonesia Expo 2020 untuk kategori Anugerah Masyarakat Inovatif beberapa waktu lalu. Amin berhasil menyisihkan ratusan peserta se-Indonesia. Sebelumnya, Amin juga telah mendapat beberapa penghargaan di era pemerintahan Presiden SBY.

Amin Ben Gas
Mesin nelayan yang siap digunakan dengan memakai Konverter Kit ABG. (Photo: dok Amin Ben Gas)

Pada Kamis 19 April 2018 lalu, saat Amin diwawancarai radio Idola, ia menuturkan bahwa pembuatan converter kit ABG ini karena keprihatinannya terhadap nasib nelayan. Karena para nelayan harus merogoh kocek yang tak sebanding dengan pendapatannya untuk membeli bahan bakar minyak (BBM).

Amin Ben Gas
BE KRAF HABIBIE 2018, Festival inovasi dan teknologi tepat guna. Berkarya Indonesia. Amin bersama Dr. Ilham A. Habibie dan relasinya. (Photo: dok Amin Ben Gas)

Waktu terus berlalu, Amin terus berinovasi. Hingga akhirnya, pada tahun 2019 lalu kementerian ESDM membagikan kepada 13.500 nelayan dan 1000 petani penerima manfaat yang mendapatkan perahu dan paket mesin pompa air dengan peralatan Konverter Kit Amin Ben Gas.

Selengkapnya, mengenai perkembangan terkini perihal konverter kit ABG, berikut ini wawancara radio Idola Semarang dengan Amin Ben Gas (Pak Amin) dari Kabupaten Kubu Raya, Kalimantan Barat, Sang Penggagas Konverter Kit ABG. (yes/ her)

Dengarkan podcast wawancaranya:

BERIKAN KOMENTAR

Tulis komentar anda!
Tulis nama anda disini