Pemprov Jateng Siapkan Skenario Pembangkitan Ekonomi Desa di Masa Pandemi

Gubernur Ganjar Pranowo saat melakukan kunjungan di salah satu pasar tradisional di Kabupaten Temanggung

Semarang, Idola 92,6 FM-Pemprov Jawa Tengah akan berupaya membangkitkan sektor ekonomi, di tengah masa sulit melawan COVID-19. Karena, sektor ekonomi menjadi satu dari sekian sektor yang terdampak karena wabah virus Korona.

Gubernur Ganjar Pranowo mengatakan pihaknya mencoba menyiapkan skenario yang matang, tentang membangkitkan sektor perekonomian di masa pandemi. Salah satunya adalah membangkitkan ekonomi desa, yang saat ini rencananya terus dimatangkan.

Ganjar menjelaskan, upaya membangkitkan ekonomi di perdesaan sebenarnya sudah dilakukan pada Mei 2020 kemarin. Mulai dari sektor pertanian, perkebunan hingga kelautan.

Menurutnya, pemprov juga mulai menjalin sinergi dengan market place yang sudah kategori unicorn untuk membantu percepatan pemulihan sektor ekonomi perdesaan.

“Kita mencoba membina, agar ada stimulan ekonomi yang bisa kita gelindingkan untuk sektor-sektor ini. Apalagi mereka yang terdampak. Kemarin kita membuat riset kecil-kecilan, dan ternyata mereka pengen diajari marketing terutama market place agar mereka bisa berdagang online. Tapi, secara keseluruhan mereka sambatnya sama akses modal,” kata Ganjar, Senin (29/6).

Ganjar lebih lanjut menjelaskan, ekonomi desa memang harus digarap dengan pendekatan ekstra dalam upaya membangkitkan sektor perekonomian. Para pelaku UMKM maupun UKM, harus diberi pendampingan soal pemulihan ekonomi desa.

“Mereka yang belum paham soal marketing, diajari dulu. Diajari bagaimana menggunakan teknologi informasi melalui jualan online, dan dibekali keterampilan mengemas produk biar lebih menarik pembeli,” pungkasnya. (Budi aris)

Artikel sebelumnyaKPU Jateng Siapkan Strategi Khusus di TPS
Artikel selanjutnyaMengenal KKN-PPM Daring UGM Yogyakarta di Tengah Pandemi