Pemprov Jateng Sudah Mitigasi Potensi Megathrust di Sisi Selatan Jateng

Megathrust Earthquake Japan 2011
Gempa Megathrust yang terjadi di Jepang pada 2011. (Photo: Kyodo News/Associated Press)

Semarang, Idola 92,6 FM – Pemprov Jawa Tengah bersama BNPB dan BMKG, sudah cukup lama mengetahui adanya potensi megathrust di pesisir selatan Jateng. Namun demikian, masyarakat diimbau untuk panik dan pemerintah daerah setempat diminta menggalakkan simulasi penanggulangan kebencanaan.

Gubernur Ganjar Pranowo mengatakan informasi mengenai potensi gempa megathrust sudah sering disampaikan, terutama setelah tsunami melanda Aceh pada 2004 lalu. Namun, kepanikan masyarakat sering muncul saat para ahli menyampaikan tentang potensi gempa megathrust.

Menurutnya, hal itu terjadi karena masyarakat mendapatkan informasi yang tidak utuh dan kurangnya literasi tentang kebencanaan.

Oleh karena itu, jelas Ganjar, pemprov meminta kepada kabupaten/kota di Jateng yang berada di pesisir pantai selatan untuk melakukan upaya pencegahan dan edukasi soal kebencanaan kepada masyarakat. Terutama, selalu rutin menggelar simulasi penanganan kebencanaan dan menanam pohon penahan gelombang air laut di pesisir pantai.

1
2
Artikel sebelumnyaMenerawang Peta Jalan Pendidikan Pasca dicabutnya Cluster Pendidikan dari Omnibus Law?
Artikel selanjutnyaPemprov Jateng Siapkan Langkah Penanganan Klaster Pondok Pesantren