Percepat Penanganan COVID-19, Pemprov Bentuk Enam Korwil

Semarang, Idola 92,6 FM-Pemprov Jawa Tengah membentuk enam koordinator wilayah (korwil), untuk percepatan penanganan COVID-19. Enam korwil itu nantinya menjadi kepanjangan tangan dari pemprov, dalam mendorong upaya kabupaten/kota menekan penyebaran virus Korona.

Gubernur Ganjar Pranowo mengatakan saat ini pemprov menaruh perhatian khusus, terhadap 11 kabupaten/kota di Jateng terkait penanganan COVID-19. Di antaranya Kota Semarang, dan Kabupaten Demak.

Ganjar menjelaskan, dengan dibentuknya enam korwil itu nantinya bertugas melakukan sinkronisasi dan koordinasi dalam percepatan penanganan COVID-19. Selain itu, juga untuk menangani persoalan-persoalan yang timbul dari dampak pandemi.

“Maka kemarin keputusan kita dibuat korwil di enam eks Karesidenan, agar kita bisa membantu masing-masing daerah. Sehingga, bisa responsif pada soal itu. Secara teknis, mengkoordinasikan dan melaporkan setiap hari. Lalu kemudian jika ada yang dilakukan tes, harus memastikan hasil tesnya cepat. Bagaimana kondisi penanganannya di rumah sakit? Apa kesulitan yang ada di sana? Segera dilaporkan, dan sampai kemudian penanggulangan masalah sosial dan ekonominya,” kata Ganjar, Kamis (2/7).

Ganjar lebih lanjut menjelaskan, upaya percepatan penanganan COVID-19 bisa dilakukan dengan memerbanyak tes. Baik menggunakan Rapid Test, ataupun langsung dengan Polymerase Chain Reaction (PCR).

“Pemprov kan sudah ada bantuan mobil PCR dari gugus tugas pusat, itu kita kirim ke daerah-daerah yang membutuhkan. Bergantian, agar cepat pemeriksaan tesnya,” pungkasnya. (Budi Aris)

 

 

 

 

 

 

Artikel sebelumnyaDinkes Jateng Belum Temukan Ada Korelasi Penularan COVID-19 Lewat Daging Kurban  
Artikel selanjutnyaPertamina Luncurkan Kompetisi Sobat Bumi