Peringati Hari Bhayangkara, Kapolda Jateng Ingatkan Anggota Soal Protokol Kesehatan

Kapolda Jateng Irjen Pol Achmad Luthfi melakukan tabur bunga di salah satu pusara pahlawan di TMP Giri Tunggal

Semarang, Idola 92,6 FM-Dalam upaya memutus rantai penularan virus Korona, kepolisian ikut terlibat aktif membantu pemerintah mendisiplinkan masyarakat tentang protokol kesehatan. Namun demikian, Kapolda Jawa Tengah meminta anggotanya tertib dulu sebelum menertibkan masyarakat.

Kapolda Jateng Irjen Pol Achmad Luthfi mengatakan setiap anggota kepolisian yang bertugas, wajib untuk mematuhi protokol kesehatan di tengah pandemi. Pernyataan itu dikatakan usai melakukan tabur bunga di Taman Makam Pahlawan Giri Tunggal Semarang, Senin (29/6).

Menurutnya, anggota kepolisian dalam bertugas kerap bersinggungan langsung dengan masyarakat luas. Sehingga, perilaku anggota Polri harus menjadi teladan bagi warga.

Achmad Luthfi menjelaskan, bekal standar yang harus dipatuhi anggota kepolisian adalah selalu memakai masker setiap menjalankan tugas. Selain itu, bekal lainnya adalah membawa hand sanitizer dan sarung tangan bila diperlukan.

“Anggota Polri sebelumnya menjadi pelopor dalam hal menertibkan protokol kesehatan, dia harus tertib dulu. Dan ini sudah kita wanti-wanti, dari mulai jajaran polda sampai pospol terdepan. Contoh, tidak ada anggota polisi yang tidak pakai masker. Tidak ada anggota Polri, yang tidak mematuhi protokol terkait dengan protokol COVID-19. Itu sudah kita laksanakan, termasuk di tempat-tempat pelayanan Polri sudah kita lakukan protap kesehatan,” kata kapolda.

Lebih lanjut Achmad Luthfi menjelaskan, di masa pandemi ini akan banyak kegiatan kepolisian yang disesuaikan dengan protokol kesehatan. Termasuk, pelaksanaan Hari Bhayangkara pada 1 Juli 2020 yang akan dilakukan secara virtual di masing-masing markas kepolisian.

“Untuk Polda Jateng, upacara Hari Bhayangkara dilakukan di aula Gedung Borobudur menyaksikan secara virtual kegiatan bapak presiden bersama kapolri. Ini juga berlaku sama di seluruh markas kepolisian,” jelasnya.

Selain menggelar tabur bunga di TMP Giri Tunggal, jajaran Polda Jateng juga melakukan anjangsana ke sejumlah purnawirawan Polri. Salah satu di antaranya adalah mantan Kapolda Jateng Komjen Pol (Purn) Noer Ali, di kediamannya di daerah Tembalang Semarang. (Budi Aris)

Artikel sebelumnyaKonsumsi BBM di Jateng Mulai Kembali Normal
Artikel selanjutnyaKPU Jateng Siapkan Strategi Khusus di TPS

BERIKAN KOMENTAR

Tulis komentar anda!
Tulis nama anda disini