Polda Berkomitmen Wujudkan Smart City di Seluruh Wilayah Jateng

Irjen Pol Ahmad Luthfi
Irjen Pol Ahmad Luthfi, Kapolda Jawa Tengah.

Semarang, Idola 92,6 FM – Polda Jawa Tengah melalui Direktorat Lalu Lintas berkomitmen mewujudkan smart city di provinsi ini, dengan mengkampanyekan program Road Safety kepada para pengguna jalan.

Kapolda Jateng Irjen Pol Ahmad Luthfi mengatakan perkembangan dunia digital dan era kecanggihan teknologi saat ini, membuat kabupaten/kota harus ikut berbenah mengikuti perkembangan zaman. Sehingga, perkembangan era digital harus juga diwujudkan dalam bentuk smart city.

Kapolda menjelaskan, dalam rangka mendukung dan menciptakan smart city di wilayah masing-masing maka jajaran polres di kabupaten/kota harus mampu membuat aplikasi yang memudahkan masyarakat. Terutama, yang berkaitan dengan pelayanan kepolisian kepada masyarakat.

Menurutnya, kemajuan di bidang teknologi informasi digital harus bisa dimanfaatkan sebagai sarana penunjang kelancaran aktivitas sehari-hari.

“Jadi kegiatan lalu lintas itu meliputi pelayanan, maupun transportasi barang dan orang menggunakan segala sesuatu yang digital. Ini digunakan untuk apa, untuk membuat seluruh daerah dan wilayah kita menjadi smart city. Kota yang cerdas, di mana lalu lintasnya harus mengikuti perkembangan situasi dengan menerapkan Road Safety yang kita lakukan. Sehingga, dapat tercipta smart city di masing-masing kota dengan latar belakangnya adanya Road Safety yang dilakukan Direktorat Lalu Lintas,” kata kapolda, baru-baru ini.

Lebih lanjut kapolda menjelaskan, berbagai inovasi pengembangan yang berkaitan dengan teknologi informasi harus mampu diaplikasikan di semua pelayanan publik. Sehingga, program pelayanan publik yang berbasis aplikasi itu akan mampu meningkatkan efisiensi dan memercepat proses pelayanan kepada masyarakat.

“Yang lebih penting lagi, layanan itu juga diharapkan bisa memperbaiki tingkat pelayanan kepada masyarakat,” tandasnya. (Bud)

Artikel sebelumnyaDinkes Jateng Sebut Perubahan Perilaku Hidup Sehat Lebih Efektif Ketimbang PSBB
Artikel selanjutnyaBerkas Perkara Kasus Wakil Ketua DPRD Kota Tegal Dilimpahkan ke Kejati Jateng