Rizki Hamdani, Penggerak Santri Mandiri di Kota Jombang

Rizki Hamdani
Rizki Hamdani, Sang Penggerak Santri Mandiri di Jombang. (Photo: dok Rizki)

Semarang, Idola 92.6 FM – Pria kelahiran Aceh ini tak bisa tinggal diam saat melihat potensi para santri di Jombang Jawa Timur yang bisa dikembangkan untuk menjadi wirausaha. Ia pun menginisiasi sebuah Kelompok Santri Tani Milenial (KSTM).

Menurut Rizki, KSTM fokus menggarap empat bidang usaha yakni pertanian, peternakan, perikanan, dan lingkungan. Para santri diajarkan menanam sorgum, cabai, dan tomat serta membudidayakan sapi, kambing, ayam, bebek, dan lele. Ia mencontohkan, ponpes Fathul Ulum Jombang, mampu mendapatkan untung sekitar Rp 250.000 per hari dari hasil beternak bebek petelur. Setiap bulan, ponpes ini mampu meraih omzet lebih dari Rp 50 juta dari hasil berbagai komoditas.

Berkat keuletannya membimbing para santri tersebut, ia menerima Apresiasi 11th Semangat Astra Terpadu untuk [SATU] Indonesia Awards 2020 Bidang Lingkungan.

Selengkapnya mengenai aktivitas Kelompok Santri Tani Milenial (KSTM) berikut ini wawancara radio Idola Semarang dengan Rizki Hamdani, sang penggerak santri mandiri di Kota Jombang Jawa Timur. (yes/her)

Dengarkan podcast wawancaranya:

BERIKAN KOMENTAR

Tulis komentar anda!
Tulis nama anda disini