TPS Kebonagung Siap Terapkan Protokol Kesehatan

Petugas linmas
Petugas linmas memeriksa pemilih yang akan masuk ke areal TPS.

Semarang, Idola 92,6 FM – Tempat Pemungutan Suara (TPS) yang ada di wilayah Jawa Tengah, siap menggelar pencoblosan sesuai dengan protokol kesehatan di masa pandemi. Salah satunya adalah TPS 10 Sobokarti di Kelurahan Kebonagung, Kecamatan Semarang Timur.

Salah satu anggota PPS Kebonagung, Gatot Nashari mengatakan semua TPS di wilayahnya telah menyiapkan protokol kesehatan di masa pandemi COVID-19. Termasuk di TPS 10 Sobokarti, dengan jumlah pemilih sebanyak 251 orang.

Menurutnya, dari 251 pemilih itu dibagi waktu pencoblosan dengan kuota 70 pemilih selama satu jam.

Gatot menjelaskan, para pemilih yang datang ke TPS dilakukan pengecekan suhu tubuh dan mencuci tangan dengan sabun atau memakai hand sanitizer. Pihaknya menjamin, protokol kesehatan dijalankan dengan ketat di lokasi TPS.

“Untuk menjaga protokol kesehatan itu, sesuai dengan petunjuk buku panduan KPPS. Pemilih nanti dijelaskan soal protokol kesehatan di surat undangan. Pada surat undangan juga sudah dibagi jam kedatangan bagi pemilih, sehingga tidak terjadi kerumunan di TPS,” kata Gatot, Rabu (9/12).

Sementara Kepala Dinas Kesehatan Jateng Yulianto Prabowo menyatakan, dari hasil laporan yang dilakukan Dinas Kesehatan masing-masing kabupaten/kota dipastikan jika protokol kesehatan sudah dipatuhi. Pihaknya juga tetap memberikan edukasi kepada pemilih, sebelum menggunakan hak suaranya.

“Semua kegiatan itu dilakukan dengan ketaatan protokol kesehatan yang tinggi, sebenarnya tidak perlu ada yang dikhawatirkan. Selama bisa melakukan atau taat pada protokol kesehatan, kegiatan apapun itu dipastikan aman,” ujar Yulianto.

Lebih lanjut Yulianto menjelaskan, potensi kerumunan harus bisa dihindari semaksimal mungkin di lokasi TPS. Sehingga, tidak sampai membuat klaster penularan di TPS. (Bud)

Artikel sebelumnyaPenerimaan Pajak DJP Jateng I Capai 23,34 T
Artikel selanjutnyaInovasi Tim Unnes, Membuat Mesin Penetas Telur Bertenaga Surya

BERIKAN KOMENTAR

Tulis komentar anda!
Tulis nama anda disini