YBM PLN Beri Bantuan Sambungan Listrik Gratis ke Madrasah Untuk Dukung Pendidikan Lebih Maju

Manager PLN UP3 Klaten Moh. Rochim menyaksikan pengurus MI Sudimoro di Kecamatan Tulung saat menyalakan listrik

Semarang, Idola 92,6 FM-Dalam upaya ikut berkontribusi memajukan dunia pendidikan di Indonesia, PLN Unit Induk Distribusi (UID) Jawa Tengah-Yogyakarta memberikan bantuan sambungan listrik gratis kepada lembaga pendidikan madrasah melalui Yayasan Baitul Maal (YBM). Sebagai tahap awal dipilih tiga lokasi wilayah Klaten, Purbalingga dan Banyumas.

Manager PLN Unit Pelaksana Pelayanan Pelanggan (UP3) Klaten Moh. Rochim mengatakan pihaknya memberikan bantuan sambungan listrik secara gratis untuk madrasah atau pondok pesantren (ponpes), terutama yang memang selama belum menerima atau mendapatkan sambungan listrik. Karena, ada beberapa madrasah atau ponpes belum mempunyai fasilitas listrik secara mandiri atau menyalur dari tetangga sekitar.

Rochim menjelaskan, melalui bantuan ini diharapkan bisa memicu para stakeholder lain memberikan dukungan di sektor pendidikan. Khususnya, kepada madrasah atau ponpes yang membutuhkan sambungan listrik secara gratis.

“Untuk wilayah Klaten, kami berikan sambungan listrik gratis ke Madrasah Ibtidaiyah Sudimoro di Kecamatan Tulung. Kami beri daya 900 VA. Komitmen PLN adalah melistriki seluruh masyarakat mulai dari rumah tangga, industri termasuk sosial. Sosial ini salah satunya ibadah dan juga sekolah atau madrasah. Bantuan gratis ini adalah salah satu bentuk PLN dalam mendukung sekolah yang belum teraliri listrik,” kata Rohim, Jumat (10/7).

Sementara di wilayah Purwokerto, juga dilakukan pemberian sambungan listrik gratis kepada dua madrasah. Yakni MTS Anwaarul Hidayah Karangnangka dengan daya 1.300 VA, dan Pondok Pesantren Baitul Quran Asy Suyuthi Maribaya dengan daya 900 VA.

Manajer UP3 Purwokerto Armunanto menambahkan, apa yang dilakukan pihaknya sebagai bentuk kepedulian terhadap kondisi madrasah ataupun pondok pesantren yang belum menikmati fasilitas listrik.

“Ini sebagai wujud komitmen dan dukungan kami terhadap madrasah dan pondok pesantren, harapan kami peserta didik di madrasah dan pondok pesantren semakin giat dalam menuntut ilmu,” ujar Armunanto. (Budi Aris)

Artikel sebelumnyaPemprov Jateng Komunikasi Dengan TNI Soal Polemik Pemkot Magelang dan Akmil
Artikel selanjutnyaTri Pusat Pendidikan Tetap Harus Diperhatikan Dalam Metode Pembelajaran Jarak Jauh
Jurnalis senior dan koordinator liputan Radio Idola Semarang.