Ajak Orang Tua Bentuk Imunitas Anak Cegah Pneumonia

Ilustrasi

Semarang, Idola 92,6 FM – Peran orang tua cukup besar di masa pandemi sekarang ini, untuk membentuk imunitas anak dalam upaya pencegahan pneumonia. Oleh karena itu, Tim Penggerak PKK Jawa Tengah mengajak para orang tua bisa berperan aktif dalam rangka membentuk imunitas pada anak.

Ketua Tim Penggerak PKK Jateng Siti Atikoh Ganjar Pranowo mengatakan pada masa pandemi saat ini, kesehatan menjadi anugerah yang harus terus dijaga. Sehingga, diperlukan berbagai upaya dan langkah untuk menjaga kesehatan dan meningkatkan imunitas. Terutama, menjaga dan membentuk imunitas pada anak.

Menurutnya, dalam upaya menjaga anak-anak dari ancaman penyakit di masa pandemi ini harus terus ditingkatkan. Utamanya, mencegah penyakit pneumonia yang saat ini menjadi masalah global.

Atikoh menjelaskan, peran orang tua sangat dibutuhkan dalam rangka tumbuh kembang dan kehidupan anak. Peran orang tua harus mampu memastikan kesehatan keluarganya tetap terjaga, sehingga tetap terlindungi di masa pandemi sekarang ini.

“Karena anak-anak adalah golongan rentan yang tidak hanya terancam penyakit pneumonia tetapi semua jenis penyakit. Karena kekebalan dan daya tahan tubuh mereka masih belum maksimal. Sistem imunitas pada anak yang lemah atau belum terbentuk sempurna, tidak mampu membasmi infeksi awal yang ringan,” kata Atikoh dalam sesi webinar tentang Peran Ayah dan Pencegahan Pneumonia Pada Anak Dengan Imunisasi, kemarin.

Siti Atikoh Ganjar Pranowo, Ketua Tim Penggerak PKK Jateng:

Sementara itu Medical Manager PT Pfizer Indonesia Carolina Halim menambahkan, memang dibutuhkan peran dari orang tua untuk menjaga kesehatan anak-anaknya. Bahkan, dibutuhkan juga keputusan yang cepat dan tepat dalam menentukan pondasi kesehatan keluarganya.

Menurut Carolina, dengan imunitas anak ini diharapkan mampu membentuk pertahanan kesehatan.

“Bahwa memang di tengah pandemi COVID-19 saat ini, kita harus terus jaga untuk bagaimana kita bisa membangun pondasi kesehatan di keluarga kita. Selama ini kita tahu, upaya untuk pengobatan masih sekarang kita membicarakan upayanya untuk pencegahan. Terutama buat anak-anak kita yang mereka terlihat lebih rentan,” ujar Carolina.

Lebih lanjut Carolina menjelaskan, upaya imunitas saat ini sangat dibutuhkan masyarakat dalam rangka mencegah pneumonia. Sebab, penyakit pneumonia menjadi penyebab kematian tertinggi bagi bayi dan balita di tingkat internasional. (Bud)

Artikel sebelumnyaMewaspadai Fenomena “Microspreader” Covid-19, Bagaimana Cara Membendungnya?
Artikel selanjutnyaJadi Kurir Sabu, Seorang Pelajar SMK Ditankap Polisi

BERIKAN KOMENTAR

Tulis komentar anda!
Tulis nama anda disini