Anak Usia di Bawah 12 Tahun Boleh Naik Pesawat

Penumpang turun dari pesawat
Sejumlah penumpang turun dari pesawat di Bandara Internasional Jenderal Ahmad Yani Semarang.

Semarang, Idola 92,6 FM – Bandara Internasional Jenderal Ahmad Yani Semarang menerapkan aturan penerbangan baru, yang akan diberlakukan mulai 24 Oktober 2021. Salah satu aturan terbarunya, anak di bawah usia 12 tahun diperbolehkan naik pesawat dengan persyaratan tertentu.

Stakeholder Relation Manager Angkasa Pura I Bandara Internasional Jenderal Ahmad Yani Semarang Heri Trisno Wibowo mengatakan pemerintah melalui Satgas Penanganan COVID-19 dan Kementerian Perhubungan, telah mengeluarkan peraturan terbaru terkait ketentuan perjalanan orang melalui transportasi udara. Pernyataan itu dikatakannya saat ditemui di bandara, Kamis (21/10) sore.

Heri menjelaskan, pihak bandara siap mendukung dan menjalankan aturan baru yang telah dikeluarkan pemerintah pusat guna memutus dan mencegah penyebaran COVID-19. Sesuai dengan peraturan terbaru tersebut, maka para pelaku perjalanan dari dan menuju Kota Semarang wajib menggunakan aplikasi PeduliLindungi dan menunjukkan sertifikat vaksinasi COVID-19 minimal dosis pertama serta menunjukkan dokumen kesehatan negatif PCR yang berlaku dalam waktu 2×24 jam.

Menurutnya, para pelaku perjalanan yang menggunakan transportasi udara juga diwajibkan mengisi e-HAC pada bandara keberangkatan.

“Hal yang berbeda pada peraturan kali ini dengan peraturan sebelumnya, anak usia di bawah 12 tahun sudah diperbolehkan untuk melakukan perjalanan dengan syarat didampingi orang tua atau keluarga. Ini dibuktikan dengan kartu keluarga, serta memenuhi persyaratan tes COVID-19 sebagaimana yang telah diatur,” kata Heri.

Lebih lanjut Heri menjelaskan, pengecualian menunjukkan sertifikat vaksin COVID-19 diberlakukan bagi anak usia di bawah 12 tahun dan pelaku perjalanan dengan kondisi kesehatan khusus atau komorbid. Namun, wajib melampirkan surat keterangan dokter dari rumah sakit pemerintah yang menyatakan bahwa belum bisa mengikuti vaksinasi karena penyakit tertentu.

“Dengan diberlakukannya peraturan baru terkait ketentuan perjalanan orang dengan pesawat udara, kami mengimbau masyarakat tetap mematuhi aturan yang berlaku. Kami juga meminta, agar selalu menerapkan protokol kesehatan selama di lingkungan bandara maupun di dalam pesawat terbang,” pungkasnya. (Bud)

Artikel sebelumnyaGus Yasin: Kalau Masyarakat Disiplin Prokes Maka Investor Mudah Masuk ke Jateng
Artikel selanjutnyaKementerian ATR/BPN Terus Pukul Mafia Tanah

BERIKAN KOMENTAR

Tulis komentar anda!
Tulis nama anda disini