Bantu Penanganan Kekerasan Seksual, Mahasiswa Unair Buat Aplikasi G-Friendly

Tim Glorya Unair Surabaya
Tim Glorya Unair Surabaya bersama dosen pembimbing. Tim Glorya berinovasi membuat aplikasi G-Friendly untuk bantu penanganan kekerasan seksual. (Photo dok Dinda)

Surabaya, Idola 92.6 FM – Maraknya aksi kekerasan seksual belakangan ini, memantik ide empat mahasiswa Fakultas Vokasi (FV) Universitas Airlangga (Unair) Surabaya untuk membuat sebuah aplikasi G-Friendly. Aplikasi ini bertujuan untuk membantu penanganan kekerasan seksual.

Aplikasi G-Friendly ini merupakan karya Dinda Sumarti, Ainur Rohmah Eka Safitri, Kus Ita Wiji Asmunik, dan Tri Sulis Setiyani yang tergabung dalam tim Glorya.

Menurut ketua tim Glorya Dinda Sumarti, G-Friendly merupakan sebuah aplikasi berbasis android yang memiliki empat fitur utama. Yakni fitur outlook, reportase, pendampingan dan konsultasi serta EC Button yang berfungsi sebagai tombol darurat.

Prototipe aplikasi G-Friendly
Prototipe aplikasi G-Friendly karya tim mahasiswa Unair Surabaya. (Photo dok Dinda)

Dalam fitur outlook, pengguna dapat dengan mudah menemukan informasi terkait undang-undang kekerasan seksual dan data statistik perkembangan kasus kekerasan seksual.

Dinda menjelaskan, aplikasi ini terintegrasi langsung dengan pihak Kepolisian, P2TP2A, Kemen PPPA, dan Komnas Perempuan. Bahkan, pihaknya juga menggandeng organisasi Pembinaan Kesejahteraan Keluarga (PKK) dalam penyebarluasan dan pengoptimalan manfaat aplikasi.

Selengkapnya, mengenal aplikasi G-Friendly yang bermanfaat membantu penanganan kekerasan seksual, berikut ini wawancara radio Idola Semarang bersama Dinda Sumarti, ketua tim Glorya mahasiswa Fakultas Vokasi Universitas Airlangga Surabaya yang membuat aplikasi G-Friendly. (yes/her)

Simak podcast wawancaranya:

Artikel sebelumnyaOJK Minta Perbankan Awasi Perubahan Perilaku Masyarakat Modern
Artikel selanjutnyaMenyoal UU Cipta Kerja yang Dinilai Cacat Formil Tetapi Tetap Berlaku Selama 2 Tahun, Apa Implikasinya?