Belum Ada Larangan Truk Besar Melintas Saat Natal

Sebuah truk barang melintas di GT Kalikangkung
Sebuah truk barang melintas di GT Kalikangkung.

Semarang, Idola 92,6 FM – Dinas Perhubungan Jawa Tengah belum mengeluarkan larangan, terkait kendaraan berat melintas saat libur Natal tahun ini. Namun, skenario menghadapi kenaikan lalu lintas maupun kepadatan lalu lintas sudah disiapkan guna kelancaran para pengguna jalan.

Pelaksana tugas Kepala Dinas Perhubungan Jateng Henggar Budi Anggoro mengatakan berdasarkan SE Kementerian Perhubungan Nomor 109 Tahun 2021 tentang Petunjuk Pelaksanaan Perjalanan Orang Dalam Negeri dengan Transportasi Darat Selama Masa Natal 2021 dan Tahun Baru 2022 Masa Pandemi COVID-19, sudah diatur tentang operasional kendaraan barang berat lebih dari dua sumbu. Sejauh ini, belum ada larangan dan masih diperbolehkan melintas. Pernyataan itu dikatakan saat ditemui di kantor gubernur, Kamis (23/12).

Henggar menjelaskan, meskipun tidak ada larangan bagi kendaraan berat atau truk barang melintas saat libur Natal tetap akan dilakukan pengaturan. Tujuannya, untuk menghindari kepadatan dan ketersendatan di jalur menuju atau keluar Jateng.

Menurutnya, skenario yang disiapkan akan diperkuat dengan petugas di lapangan di bawah koordinasi Ditlantas Polda Jateng.

“Jadi pada prinsipnya semua skenario sudah dipersiapkan. Terkait dengan pembatasan kendaraan angkutan barang yang sumbu lebih dari dua, ini nanti kita lihat insidental kondisinya. Pada saat kondisi di lapangan memang mengharuskan menejemen rekayasa itu akan diterapkan, ya akan kita terapkan. Tapi pada prinsipnya skenario-skenario sudah disiapkan, untuk mengarah ke situ sampai dengan one way juga. Khusus untuk yang one way, diserahkan ke wilayah dan di bawah koordinasi Ditlantas Polda Jawa Tengah,” kata Henggar.

Henggar Budi Anggoro, Pelaksana tugas Kepala Dinas Perhubungan Jateng:

Lebih lanjut Henggar menjelaskan, meskipun saat ini pergerakan lalu lintas sudah mulai meningkat tetapi tetap harus diantisipasi. Namun demikian, pihaknya berharap masyarakat yang akan melakukan perjalanan jarak jauh sudah memersiapkan diri dan juga kendaraan.

“Kita berharap, situasi dan kondisi lalu lintas saat Natal dan Tahun Baru nanti tidak seperti yang kita prediksikan. Jadi,. cenderung landai dan lancar. Harapan kita seperti itu sih sebenarnya,” pungkasnya. (Bud)

Artikel sebelumnyaOperator Seluler Tingkatkan Jaringan Sambut Libur Akhir Tahun
Artikel selanjutnyaUltah ke-17 Tahun, Pilar Corp Donasikan Bantuan Untuk Korban Erupsi Semeru
Wartawan senior Radio Idola Semarang.