Dinkes Jateng Percepat Proses Vaksinasi

Sri Sumarni
Bupati Grobogan Sri Sumarni meninjau pelaksanaan Gebyar Vaksinasi yang dilakukan di wilayahnya.

Semarang, Idola 92,6 FM – Dinas Kesehatan Jawa Tengah terus melakukan upaya percepatan progres vaksinasi, terutama yang menyasar kelompok orang lanjut usia. Salah satunya, dengan menggelar Gebyar Vaksinasi Lansia 2021 di Kabupaten Grobogan.

Kepala Dinas Kesehatan Jateng Yulianto Prabowo mengatakan pada akhir pekan Mei hingga awal Juni 2021, pihaknya akan meningkatkan percepatan progres vaksinasi yang menyasar kelompok lansia. Targetnya, vaksinasi lansia harus bisa naik sampai 100 persen. Pernyataan itu dikatakan Yulianto saat ditemui di kantor gubernuran, baru-baru ini.

Yulianto menjelaskan, apabila Kementerian Kesehatan sudah mengirimkan tambahan vaksin maka akan terus ditingkatkan target vaksinasi kepada lansia. Pada Juli 2021, diharapkan per pekannya sudah bisa mencapai 300 persen angka pencapaiannya.

Menurutnya, saat ini Dinas Kesehatan di kabupaten/kota se-Jateng terus berlatih agar progres vaksinasi tercapai secara bertahap.

“Progres vaksin saat ini sekitar 33 persen dari sasaran tahap satu dan dua. Minggu kemarin masih 28 persen. Target yang ditetapkan paling cepat dicapai akhir Desember. Itu paling cepat. Bisa juga nanti sampai tahun depan. Sasarannya saat ini masih 24,5 juta,” kata Yulianto.

Lebih lanjut Yulianto menjelaskan, khusus untuk vaksinasi kepada lansia ada perubahan pola penyuntikan. Jika sebelumnya dosis vaksin disiapkan dan disiagakan sesuai jumlah lansia untuk dua kali penyuntikan, maka saat ini seluruh vaksin yang tersedia untuk lansia.

“Sehingga, lansia ini bisa cepat mendapatkan vaksin. Kita harapkan, kalau tambahan vaksin sudah datang bisa dipercepat lagi,” pungkasnya. (Bud)

Artikel sebelumnyaBea Cukai Semarang Musnahkan 2 Juta Lebih Batang Rokok Ilegal
Artikel selanjutnyaRektor Undip Sebut Jabatan Guru Besar Bukan Pemberian

BERIKAN KOMENTAR

Tulis komentar anda!
Tulis nama anda disini