Mengenal Inovasi Ventilasi Udara Bagi Penderita Covid-19 Karya Siswa SMP N 3 Pati

Tim SMP Negeri 3 Pati
Tim SMP Negeri 3 Pati bersama inovasinya.(Photo dok Fiqy)

Pati, Idola 92.6 FM – Tim siswa dari SMP Negeri 3 Pati, Jawa Tengah, berhasil membuat inovasi ventilasi udara untuk penderita Covid-19. Inovasi itu mengantarkan mereka meraih medali emas pada International Science and Invention Fair (ISIF) 2021. Kemenangan satu tim sains project SMP N 3 PATI itu baru saja diumumkan pada Senin malam, 1 November 2021. ISIF diikuti oleh 500 tim dari 36 negara.

ISIF adalah sebuah kompetisi pameran sains dan penemuan Internasional yang diselenggarakan oleh Ikatan Ilmuwan Muda Indonesia (IYSA) bekerja sama dengan beberapa Universitas terkemuka Indonesia seperti Universitas Diponegoro (Undip) Semarang, ITS Surabaya, Institut Pertanian Bogor (IPB), dan universitas di luar negeri seperti di Malaysia, Turki, Brazil, Macau dan lainnya.

Project sains dengan tema “ AIR-Closed ventilation For Environmental Health A New Era Of Covid-19 Disease” dikerjakan oleh tim yang terdiri dari : Marina Diva Irsaniya, Lintang Artthalita Miftania Altaf, Amanda Aninditya Trihapsari, Fernandito Akbar Kurniawan, dan Fiqy Trisa Insani. Kompetisi ISIF 2021 diselenggarakan pada 25 Oktober sampai 1 Nopember 2021 secara online di Jakarta.

Para Guru Pembimbing
Dalam foto dari kiri ke kanan: Marno-pembimbing Bhs. Inggris, M. Rauf-koordinator pembimbing, Fiqy Trisa Insani-ketua projek sains, Amanda Aninditya Trihapsari, Fernandito Akbar Kurniawan, Lintang Artthalita Miftania Altaf, Marina Diva Irsaniya, Ruqayah-Kepsek SMPN 3 PATI, dan Ro’aeta-pembimbing Bhs. Inggris. (Photo dok Fiqy)

Pada ISIF 2021, SMP Negeri 3 Pati membahas mengenai produk alat yang mampu membantu penderita Covid 19 ketika sedang isolasi mandiri di rumah. Alat ini bekerja dengan memanfaatkan prinsip ventilasi udara buatan dalam proses pergantian udara di dalam ruangan tertutup yang menggunakan bantuan peralatan mekanik dilengkapi cairan disinfektan alami dari daun sirih dan minyak kayu putih. Udara yang dihasilkan alat ini mengandung senyawa zat antiseptic yang dapat membunuh bakteri namun aman bagi tubuh manusia.

Ketua Projek Sains Sains SMP N 3 Pati Fiqy Trisa Insani mengatakan, pengerjaan projek sains ini memiliki kendala diantaranya adalah pembuatan cairan antiseptik dari daun sirih, namun bisa diatasi dengan kerjasama dengan Laboratorium Kesehatan Pemda Pati. Sedangkan, mengenai bahan baku yang digunakan sangat mudah didapatkan.

Selengkapnya, mengenal inovasi ventilasi udara bagi penderita Covid-19 karya Siswa SMP Negeri 3 Pati, berikut ini wawancara radio Idola Semarang bersama Ketua Projek Sains SMP Negeri 3 Pati, Fiqy Trisa Insani. (yes/ her)

Dengarkan podcast wawancaranya:

Artikel sebelumnyaPatra Semarang Raih Penghargaan The Best MICE 2021
Artikel selanjutnyaBagaimana Menyikapi Pemanfaatan Pasukan Siber Sebagai Alat Kepentingan Para Elite Politik di Indonesia?

BERIKAN KOMENTAR

Tulis komentar anda!
Tulis nama anda disini