Jepang Siap Terus Tingkatkan Kerja Sama Dengan Jateng di Berbagai Bidang

Dubes Jepang untuk Indonesia
Dubes Jepang untuk Indonesia Kanasugi Kenji saat bertemu Gubernur Ganjar Pranowo di kantor gubernur, kemarin.

Semarang, Idola 92,6 FM – Pemerintah Jepang siap dan akan meneruskan kolaborasi serta kerja sama dengan Pemprov Jawa Tengah, dalam berbagai bidang untuk meningkatkan pertumbuhan ekonomi dan hubungan baik kedua negara. Termasuk, kerja sama dalam upaya penanggulangan bencana.

Duta Besar Jepang untuk Indonesia Kanasugi Kenji saat bertemu Gubernur Ganjar Pranowo mengatakan Jepang cukup banyak menanamkan investasi di Indonesia, dan tidak terkecuali di wilayah Jateng. Pernyataan itu dikatakannya saat ditemui di kantor gubernur, kemarin.

Menurutnya, sesi pertemuan dengan Gubernur Ganjar Pranowo itu untuk peningkatan kerja sama ke depannya dari kedua negara.

Kenji menjelaskan, pada tahun-tahun mendatang Jepang akan lebih banyak lagi berinvestasi di Jateng dan kedatangannya untuk melihat dan mendengar potensi yang bisa dijajaki pemerintah atau pengusaha asal negeri Sakura itu.

“Sekitar 21 perusahaan Jepang yang berada di Jawa Tengah, dan sekitar 300 warga Jepang yang tinggal di sini. Mereka berkontribusi sangat besar, untuk pertumbuhan ekonomi di Jawa Tengah. Saya pesan kepada Bapak Ganjar, untuk meningkatkan hubungan ekonomi dan berbagai bidang lainnya lebih lanjut di masa depan,” kata Kenji.

Lebih lanjut Kenji menjelaskan, pemerintahannya akan mengembangkan kerja sama lainnya di bidang keamanan dan pendidikan maupun kebudayaan. Harapannya, kerja sama tersebut bisa terus ditingkatkan.

Sementara Gubernur Ganjar Pranowo menambahkan, pemprov tertarik untuk membangun kerja sama dengan Jepang dalam penanggulangan bencana. Sebab, Jepang kondisinya hampir mirip dengan Jateng sebagai wilayah supermarket bencana.

“Kebetulan saya pernah berkunjung ke sana, dan rasa-rasanya Jawa Tengah berkepentingan membangun kerja sama dalam bidang penanggulangan bencana,” ucap Ganjar. (Bud)

Artikel sebelumnyaSekda: PNS Dilarang Bolos Saat Nataru
Artikel selanjutnyaRefleksi Hari Ibu: Bagaimana Membangun Kesadaran Bahwa Keluarga adalah Fondasi Tumbuh-Kembang Anak?