Lepas 3.101 Lulusan, Rektor Undip Ingatkan Pesan Pangeran Diponegoro

Wisuda Undip ke-193
Wisuda Undip ke-193 yang dilakukan secara daring.

Semarang, Idola 92,6 FM – Universitas Diponegoro (Undip) melepas 3.101 wisudawan tahun ini dengan prosesi secara daring di tengah masa pandemi COVID-19, baru-baru ini. Dalam prosesi wisuda yang ke-193 itu, rektor Undip mengingatkan kembali pesan Pangeran Diponegoro kepada para wisudawan saat kembali di tengah masyarakat.

Rektor Prof Yos Johan Utama mengatakan selama ini, Undip telah membekali lulusannya dengan keterampilan dan keahlian sesuai bidang keilmuan yang ditekuni. oleh karena itu, pihaknya merasa bangga melepas ribuan mahasiswa yang telah menyelesaikan masa pendidikan di Undip.

Prof Yos menjelaskan, Undip telah menyandang akreditasi unggul sebagai bentuk pengakuan masyarakat karena telah menghasilkan lulusan yang tangguh dan adaptif serta siap berkontribusi bagi negeri. Selain itu, akreditasi yang diperoleh Undip juga sebagai bentuk nyata atas prestasi dan capaian sebagai universitas terbesar dan kebanggaan masyarakat Jateng. Bahkan, sebagai salah satu universitas terbaik di Indonesia.

Menurutnya, saat ini Undip masuk tiga besar universitas terbaik di Indonesia yang lulusannya cepat mendapatkan pekerjaan versi QS WUR 2020. Artinya, lulusan Undip benar-benar berkualitas dan siap kerja.

“Ingat, kalian belajar di Universitas Diponegoro yang disemangati dengan semangat Pangeran Diponegoro. Jujur, adil, berani dan peduli serta telah mendapatkan bekal ilmu pengetahuan yang unggul. Oleh karenanya jangan ragu dan jangan bimbang. Tanamkan dalam diri saudara bahwa saudara-saudari adalah generasi emas yang siap mengambil peran terbesar di kancah dunia ini. Sekali layar terkembang, surut kita berpantang,” kata Prof Johan.

Lebih lanjut Prof Yos menjelaskan, guna menghasilkan lulusan yang siap kerja itu metode pembelajaran online diselaraskan dengan model dan kondisi pandemi saat ini. Dalam proses belajar, mahasiswa diarahkan untuk menempuh pilihan pembinaan karir sebagai calon wirausahawan yang dibina melalui Klinik Kewirausahaan dan Inkubasi Bisnis (KKIB). Termasuk, memilih sebagai calon pekerja profesional melalui pembinaan Undip Career Center (UCC).

“Kedua program itu terintegrasi dengan Program Merdeka Belajar Kampus Merdeka, sehingga menghasilkan lulusan yang siap mengambil peran aktif dalam kehidupan bermasyarakat,” pungkasnya. (Bud)

Artikel sebelumnyaPemprov-BPJS Kesehatan Gelar Vaksin Bagi Prolanis
Artikel selanjutnyaFestiFund 2021 Tingkatkan Optimisme Investor Reksa Dana

BERIKAN KOMENTAR

Tulis komentar anda!
Tulis nama anda disini