Pemprov-BPJS Kesehatan Gelar Vaksin Bagi Prolanis

Pemeriksaan kepada peserta Prolanis
Petugas kesehatan melakukan pemeriksaan kepada peserta Prolanis sebelum dilakukan vaksinasi.

Semarang, Idola 92,6 FM – Dinas Kesehatan Jawa Tengah bersama BPJS Kesehatan menggelar program vaksinasi kepada kepada kelompok rentan lanjut usia peserta JKN-KIS yang masuk dalam program Pengelolaan Penyakit Kronis (Prolanis) di Islamic Center Brebes, Jumat (27/8).

Direktur Jaminan Pelayanan Kesehatan BPJS Kesehatan Lily Kresnowati mengatakan BPJS Kesehatan berkomitmen untuk menjalankan amanat yang diberikan pemerintah dalam penanganan COVID-19, dan upaya percepatan pencapaian target vaksinasi. Salah satunya adalah dukungan sumber data, dalam penyusunan target vaksinasi bagi penderita penyakit kronis. Yakni Diabetes Melitus (DM) dan Hipertensi (HT).

Menurut Lily, kedua kelompok rentan tersebut selama ini dikelola fasilitas kesehatan tingkat pertama (FKTP).

Lily menjelaskan, kegiatan launching vaksinasi bagi prolanis merupakan tindak lanjut dari langkah Gubernur Ganjar Pranowo guna pencegahan risiko masalah kesehatan serius akibat COVID-19. Kegiatan vaksinasi untuk peserta prolanis, serentak dilaksanakan di seluruh kabupaten/kota di wilayah Jateng.

“Peserta JKN-KIS yang tergabung dalam program Prolanis dan Program Rujuk Balik (PRB) juga menjadi salah satu prioritas program vaksinasi COVID-19, mengingat masyarakat dengan penyakit penyerta/komorbid merupakan salah satu kelompok rentan jika terinfeksi COVID-19. Pelaksanaan launching vaksinasi bagi kelompok rentan ada di 29 kabupaten/kota di Jateng, dengan target peserta 4.268 orang. Mereka merupakan penderita penyakit DM dan HT,” kata Lily.

Lebih lanjut Lily menjelaskan, sebelum dilakukan proses vaksinasi itu para peserta diperiksa di laboratorium jejaring yang telah disediakan. Apabila hasilnya baik, maka proses vaksinasi bisa dilanjutkan. (Bud)

Artikel sebelumnyaPinjol Resmi Pertemukan Peminjam dan Pemilik Dana
Artikel selanjutnyaLepas 3.101 Lulusan, Rektor Undip Ingatkan Pesan Pangeran Diponegoro

BERIKAN KOMENTAR

Tulis komentar anda!
Tulis nama anda disini