Mengenal Achmad Irfandi, Penggagas Kampung Lali Gadget di Sidoarjo

Achmad Irfandi
Achmad Irfandi Penggagas Kampung Lali Gadget Sidoarjo Jawa Timur. (Photo dok Irfan)

Sidoarjo, Idola 92.6 FM – Atas keprihatinannya dengan makin maraknya anak-anak yang kecanduan gadget, Achmad Irfandi, menggagas Kampung Lali Gadget (KLG) di Desa Pagerngumbuk Kecamatan Wonoayu Kabupaten Sidoarjo Jawa Timur. Melalui KLG, Irfan memberdayakan warga untuk lali atau lupa dengan gadget walau hanya sesaat. Tujuannya agar anak-anak meletakkan Gadget dan bisa bermain permainan tradisional.

Permainan Pencolotan sikil
Permainan Pencolotan sikil. Semacam lompat tali, jika tak ada tali di sekitar kita. Ada level ketinggian berdasar jumlah kaki yang ditumpuk.(Photo dok Irfan)

KLG dibentuk sejak tahun 2018. Seiring berjalanannya waktu, KLG berhasil mendatangkan pengunjung untuk berwisata edukasi. Beragam permainan tradisional yang saat ini mulai ditinggalkan anak-anak, dihadirkan kembali oleh KLG. Seperti lompat tali, permainan egrang, pathil lele, dan berbagai permainan tradisonal lainnya.

Mengikuti upacara bendera merah putih
Mengikuti upacara bendera merah putih. Ini adalah sesi nasionalisme. Pembiasaan sebelum anak-anak mulai bermain di Kampung Lali Gadget.(Photo dok Irfan)

Atas kepeduliaannya terhadap dunia anak-anak tersebut, Irfan lulusan S-1 Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Universitas negeri Surabaya (2016) dan Magister Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Universitas Negeri Surabaya (2021) ini meraih Penghargaan sebagai Pemuda Pelopor Sidoarjo 2017/2018 dan Pemuda Pelopor Provinsi Jatim 2020/2021.

Selengkapnya, mengenal Kampung Lali Gadget di Sidoarjo, berikut ini wawancara radio Idola Semarang bersama Achmad Irfandi, penggagas Kampung Lali Gadget di Desa Pagerngumbuk Kecamatan Wonoayu Kabupaten Sidoarjo. (yes/ her)

Dengarkan podcast wawancaranya:

Artikel sebelumnyaEdarkan Dextro, Seorang Buruh Ditangkap Polsek Tembalang
Artikel selanjutnyaKetika Isu PKI Muncul Jelang 30 September: Itu Tanda Kehati-hatian atau Phobia Berlebihan?

BERIKAN KOMENTAR

Tulis komentar anda!
Tulis nama anda disini