Mengenal Junaedi Setiyono, Sastrawan asal Purworejo Peraih Hadiah Sastra Mastera 2021

Junaedi Setiyono
Junaedi Setiyono Sastrawan asal Purworejo Jawa Tengah Peraih Hadiah Sastra, Majelis Sastra Asia Tenggara (Mastera) 2021. (Photo dok Junaedi)

Purworejo, Idola 92.6 FM – Di tengah Pandemi, kabar menggembirakan datang dari khasanah sastra Indonesia. Salah satu sastrawannya baru-baru ini meraih penghargaan bergengsi di tingkat Asia Tenggara.

Dia adalah Junaedi Setiyono, peraih hadiah sastra Majelis Sastra Asia Tenggara (Mastera) 2021. Junaedi yang juga dosen di Universitas Muhammadiyah Purworejo itu, mendapatkan penghargaan Mastera 2021 atas novel berjudul “Dasamuka” versi Bahasa Inggris terbitan Dalang Publishing 2017. Novel Dasamuka merupakan novel ketiga Junaedi. Sedangkan novel pertama berjudul “Glonggong” dan Novel keduanya “Arumdalu”.

Junaedi Setiyono
Junaedi Setiyono dengan novel karyanya “Dasamuka” yang meraih hadiah dari Mastera 2021. (Photo dok Junaedi)

Karya terbaru Junaedi berjudul Tembang dan Perang terbitan PT Kanisius tahun 2020 juga diterjemahkan dalam Bahasa Inggris oleh Dalang Publishing dengan judul Panji’s Questa. Endorsment ditulis oleh tokoh-tokoh kondang di bidang sastra budaya Indonesia yakni: Lydia Kievan (Jerman), Kathy Folley (Amerika), dan Eka Budianta (Indonesia). Rencananya, peluncuran akan dilakukan di KJRI San Fransisco Amerika Serikat.

Selengkapnya, mengenai apa itu Mastera dan apa tema di balik novel Dasamuka yang mengantarkannya meraih penghargaan bergengsi di tingkat Asia Tenggara, berikut ini wawancara radio Idola Semarang bersama Junaedi Setiyono, Sastrawan asal Purworejo Jawa Tengah, peraih hadiah sastra Majelis Sastra Asia Tenggara (Mastera) 2021. (yes/ her)

Dengarkan podcast wawancaranya:

Artikel sebelumnyaIndonesia Keluar Dari Resesi, Upaya Apa Saja Yang Mesti Terus Ditingkatkan?
Artikel selanjutnyaPolrestabes Semarang Tangkap Tersangka Pembunuhan Wanita di Kamar Kos

BERIKAN KOMENTAR

Tulis komentar anda!
Tulis nama anda disini