Mengenal Klinik ASRI Kayong Utara, Klinik Kesehatan Berbasis Lingkungan

Muhammad Rusda Yakin
Muhammad Rusda Yakin Manajer Program Konservasi Klinik ASRI Sukadana Kayong Utara Kalimantan Barat. (photo dok ASRI)

Semarang, Idola 92.6 FM – Jamaknya klinik kesehatan, hanya fokus pada upaya pengobatan dan pemulihan bagi orang yang datang. Namun, berbeda dengan Kliniki Alam Sehat Lestari atau Klinik ASRI di Pangkalan Buton Sukadana Kabupaten Kayong Utara Kalimantan Barat.

Klinik ASRI dikenal tidak hanya menjaga kesehatan ataupun mengobati warga, tapi juga merawat lingkungan (hutan). Kok bisa? Karena bagi warga yang kurang mampu dan tidak punya biaya berobat, warga cukup membayar dengan bibit pohon, kompos, kerajinan, membantu penyemaian atau bantu bersih-bersih di klinik ASRI.

Klinik ASRI
Klinik ASRI berada di kaki bukit di kawasan Taman Nasional Gunung Palung Kayong Utara Kalimantan Barat. (photo dok ASRI)

Klinik Asri didirikan oleh Kinari Webb seorang dokter asal Amerika Serikat pada 2007 (14 tahun lalu). Kinari mendirikan klinik karena melihat rendahnya tingkat kesehatan warga setempat.

Atas kepeduliannya terhadap lingkungan, tak heran jika Klinik Asri mendapatkan penghargaan dari PBB sebagai pemenang Global Climate Action Award pada kategori Women for Results pada 2020 dan mendapat penghargaan Kalpataru pada 2016.

Selengkapnya mengenal keunikan dan keistimewaan Klinik ASRI yang berbeda dengan klinik kesehatan pada umumnya, berikut ini wawancara radio Idola Semarang bersama Manajer Program Konservasi Klinik ASRI Muhammad Rusda Yakin. (yes/ her)

Dengarkan podcast wawancaranya:

Artikel sebelumnyaBNN Sebut Banyak Pintu Peredaran Narkoba di Jateng
Artikel selanjutnyaPolrestabes Semarang Gelar Layanan Vaksinasi Drive Thru

BERIKAN KOMENTAR

Tulis komentar anda!
Tulis nama anda disini