Pertamina Pastikan Pasokan BBM di Jawa Tengah-DIY Aman Jelang Ramadhan

Pertamina Jamin Ketersediaan BBM Jelang Ramadhan

Semarang, Radio Idola 92,6 FM ― Menjelang bulan Ramadhan tahun 2021, Pertamina menjamin pasokan energi dalam produk bahan bakar minyak (BBM), LPG, hingga Avtur aman, khususnya untuk Provinsi  Jawa Tengah dan Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY).

Manager Communication, Relations, & CSR Pertamina Pemasaran Regional Jawa Bagian Tengah, Brasto Galih Nugroho mengatakan, pertamina akan menyiagakan unit dan fasiltas operasi Pertamina yang ada di Jawa Tengah dan DIY, baik pada kondisi normal maupun pada masa satgas.

“Kami mendukung kebijakan yang diberlakukan oleh pemerintah, seperti himbauan untuk tidak mudik oleh pemerintah. Namun Pertamina akan tetap memastikan pasokan BBM, LPG dan avtur dan tentu akan mengaktifkan Satuan Tugas Ramadhan dan Idul Fitri (RAFI) dalam waktu dekat,” kata Brasto, kamis (8/4)

Brasto mengatakan, untuk lembaga penyalur BBM dan LPG, Brasto menuturkan terdapat 929 SPBU dan 51.677 Pangkalan LPG PSO serta 9.004 outlet LPG Non-PSO yang beroperasi pada masa normal.

“Kami akan menyiagakan seluruh SPBU, pangkalan LPG PSO, dan outlet LPG Non-PSO di Jawa Tengah dan DIY untuk menyediakan stok BBM dan LPG dalam keadaan cukup,” pungkas Brasto.

Selain itu, Pertamina juga telah menyiapkan skenario dengan menambahkan layanan penyaluran SPBU, khususnya di jalan Tol Trans Jawa pada waktu mendekati hari raya.

“Tedapat 7 SPBU reguler yang sudah tersedia di Tol Trans Jawa saat ini. Namun kami juga akan menyiapkan layanan tambahan seperti SPBU modular di beberapa titik rest area dalam wujud Pertashop, Motoris SPBU, hingga Mobil Siaga. Hal itu berkaca kepada pelaksanaan Satgas sebelumnya yaitu pada masa Natal dan Tahun Baru (Nataru) 2020-2021,” imbuhnya.

Secara umum, Brasto menggambarkan penyaluran BBM, LPG, dan Avtur saat ini berjalan normal dan stoknya aman.

“Penyaluran BBM, LPG, hingga Avtur di wilayah kami saat ini berjalan aman, di mana rata-rata konsumsi harian BBM jenis gasoline (Premium, Pertalite, Pertamax, Pertamax Turbo) berada di angka 11.900 Kiloliter (KL) per hari; untuk BBM jenis gasoil (Bio Solar, Dexlite, Pertamina Dex) berada di angka 6.000 KL per hari; untuk LPG berada di angka 4.200 Metric Ton (MT) per hari; Untuk Avtur berada di angka 150 KL per hari,” jelas Brasto.

Dirinya menambahkan Pertamina akan terus memonitor perkembangan di lapangan setiap harinya untuk mengantisipasi adanya peningkatan kebutuhan, salah satunya adalah dengan implementasi digitalisasi SPBU.(tim)