PGN Dukung Strategi Pengelolaan Gas Bumi di Proyek Transmisi Cirebon-Semarang

Pemeriksaan jaringan pipa
Petugas PGN melakukan pemeriksaan jaringan pipa secara rutin.

Semarang, Idola 92,6 FM – Perusahaan Gas Negara (PGN) terus berkomitmen memasok gas bumi dan infrastruktur pendukungnya, di Kawasan Industri Kendal. Termasuk, menunggu ruas pipa transmisi Cirebon-Semarang yang akan dibangun pemerintah.

Direktur Strategi dan Pengembangan Bisnis PGN Heru Setiawan mengatakan PGN siap mengikuti kebijakan pemerintah, dan strategi pengelolaan gas bumi terintegrasi dalam upaya keandalan infratruktur maupun pasokan. Pernyataan itu dikatakannya, belum lama ini

Heru menjelaskan dalam rangka melaksanakan fungsi badan usaha di sektor midstream dan downstream dalam mengalirkan gas bumi ke pelanggan, pihaknya terus berkoordinasi dengan Kementerian ESDM. Hal itu sesuai dengan konsep pengelolaan dan optimalisasi pemanfaatan gas bumi, agar dapat dimanfaatkan maksimal bagi kebutuhan pelanggan di sektor hilir.

Menurutnya, pipa Transmisi Gresik-Semarang akan menjadikan jaringan pipa transmisi Cirebon-Semarang cukup strategis.

“Terkait keputusan Kementerian ESDM mengenai proyek Pipa Transmisi Cirebon-Semarang ataupun proses yang sedang berjalan untuk keputusan proyek tersebut, PGN akan mengikuti kebijakan dari Kementerian ESDM. Apapun opsi yang diputuskan pemerintah sebagai bagian dari keluarga BUMN dan kepanjangan tangan pemerintah, PGN siap menjadi bagian dalam optimalisasi utilisasi gas bumi domestik,” kata Heru.

Lebih lanjut Heru menjelaskan opsi terbuka untuk mengintegrasikan dengan ruas yang sudah ada di Pulau Jawa, PGN akan mengikuti konsep strategis pemerintah dalam pengelolaan end to end gas bumi nasional. Apabila proyek interkoneksi infrastruktur tersebut tercapai, pengelolaan demand dan pasokan di Pulau Jawa lebih andal dan fleksibel serta efisien.

“Konsep ini akan disinergikan dengan strategi pemerintah, dalam pengelolaan infrastruktur dan distribusi gas bumi nasional. Agar keandalan kebutuhan gas bumi di Pulau Jawa dapat terealisasi, kami juga mempunyai konsep interkoneksi jaringan infrastruktur gas bumi di Jawa. Pipa Transmisi Gresik-Semarang sepanjang 268 kilometer, diestimasikan dapat menyalurkan gas bumi sekitar 400 MMSFCD. Interkoneksi Pipa Gresem dengan Pipa Kalimantan Jawa, juga telah diselesaikan untuk distribusi gas bumi yang direncanakan dapat melayani industri area Semarang dan Kendal,” pungkasnya. (Bud)

Artikel sebelumnyaPanglima TNI dan Kapolri Sambangi Rumah Warga Tembalang
Artikel selanjutnyaBulog Jateng Salurkan Bantuan Beras PPKM