PLN Kenalkan Electrifying Agriculture ke UMKM Kendal

Irwansyah Putra
GM PLN (UID) Jateng-DIY Irwansyah Putra (kanan) secara simbolis memberikan program sambungan listrik baru kepada perwakilan warga disaksikan Bupati Kendal Dico Ganinduto.

Semarang, Idola 92,6 FM – PLN Unit Induk Distribusi (UID) Jawa Tengah-Yogyakarta bersama Pemkab Kendal mengenakan Program Electrifying Agriculture kepada para pelaku UMKM maupun pegiat pariwisata, baru-baru ini.

General Manager PLN (UID) Jateng-DIY Irwansyah Putra mengatakan Program Electrifying Agriculture yang disosialisasikan kepada pelaku UMKM dan pegiat pariwisata di Kendal itu, dalam rangka meningkatkan kesejahteraan perekonomian masyarakat sekitar. Terutama untuk sektor budidaya perikanan, dan pariwisata di Pantai Indah Kemangi.

Irwansyah menjelaskan, dalam mendukung pariwisata dan UMKM di Kendal itu pihaknya melakukan pemasangan baru jaringan listrik di Desa Jungsemi. Total daya sebesar 127.400 Volt Ampere (VA), digunakan untuk melistriki tambak dan kebutuhan UMKM.

Menurut Irwansyah, Desa Jungsemi memiliki potensi besar berupa pusat ikan bandeng olahan maupun tangkap.

“Dengan banyaknya potensi tersebut, kami dari PLN memberikan dukungan dengan inisiasi Program Electrifying Agriculture. Dengan program ini, pelayanan listrik lebih mudah dan terjangkau serta andal untuk masyarakat Indonesia. Tidak hanya di sektor pertanian, melainkan di sektor lainnya. Seperti sektor perikanan, perkebunan, peternakan dan pariwisata,” kata Irwansyah.

Sementara itu Bupati Kendal Dico Ganinduto memberi apresiasi kepada PLN, karena peduli dengan pelaku UMKM dan pegiat pariwisata di wilayahnya. Untuk pariwisata, pantai di Kendal mempunyai keunikan tersendiri dan bisa dikembangkan menjadi lokasi sport tourism.

Menurut Dico, dukungan jaringan listrik dari PLN bisa bermanfaat untuk warga dan pariwisata di Kendal.

“Saya ucapkan terima kasih kepada PLN dan semua pihak yang terlibat atas dedikasi, komitmen dan kerja keras serta dan sumbangsihnya terhadap kemajuan pembangunan di Kabupaten Kendal. Saya berharap, Pantai Indah Kemangi dapat menjadi pelopor pengembangan Badan Usaha Milik Desa di bidang kepariwisataan dan dapat meningkatkan perekonomian serta kesejahteraan masyarakat desa,” ucap Dico. (Bud)

Artikel sebelumnyaMengenal Elsa Maharrani, Pemberdaya Ibu-ibu Rumah Tangga di Padang
Artikel selanjutnyaJateng Terbaik Program Akses Keuangan se-Indonesia

BERIKAN KOMENTAR

Tulis komentar anda!
Tulis nama anda disini