Polda Jateng Siapkan Skenario Hadapi Operasi Nataru

Kombes Pol Agus Suryo
Kombes Pol Agus Suryo, Dirlantas Polda Jateng.

Semarang, Idola 92,6 FM – Direktorat Lalu Lintas Polda Jawa Tengah berkoordinasi dengan stakeholder terkait, dalam rangka menghadapi Libur Natal 2021 dan Tahun Baru 2022. Skenario dan cara bertindak kepolisian telah dipersiapkan, agar nantinya pengguna jalan yang melintas merasa aman dan nyaman.

Dirlantas Polda Jateng Kombes Pol Agus Suryo mengatakan pihaknya saat ini memang masih menunggu arahan dari Korlantas Polri, berkaitan dengan upaya antisipasi pergerakan atau mobilitas di libur Natal 2021 dan Tahun Baru 2022. Pernyataan itu dikatakannya saat ditemui di Mapolda, kemarin.

Agus menjelaskan, jajarannya bersama instansi terkait tetap akan memberikan rasa aman dan memastikan ruas jalan tol maupun jalur pantura aman dilalui para pengguna jalan saat libur Natal 2021 dan Tahun Baru 2022. Namun, jajaran kepolisian pada saat menggelar Operasi Natal dan Tahun Baru maupun operasi zebra tetap mengedepankan sifat humanis kepada pengguna jalan.

Menurutnya, jajaran kepolisian bersama seluruh pemangku kepentingan siap untuk memberikan layanan terbaik kepada pengguna jalan saat libur Natal dan Tahun Baru.

“Wilayah Polda Jateng dan pengelola jalan tol, sudah semua mempersiapkan skenario itu. Ketika harus ada pembatasan, kita skenarionya demikian, dan ketika harus dilepas semua jalur kita harus menyiapkan contraflow dan menyiapkan penyekatan dan sebagainya. Nanti kita nunggu instruksi dari pusat kebijakannya seperti apa, tetapi wilayah Polda Jateng dan BUJT sudah mempersiapkan itu,” kata Agus.

Lebih lanjut Agus menjelaskan, jajarannya juga telah memetakan jalur yang rawan terjadi kecelakaan atau kemacetan ketika ada peningkatan volume lalu lintas. Bahkan, pihaknya bersama stakeholder terkait lainnya juga menyiapkan perangkat pendukung semisal mobil ambulan atau mobil derek jika diperlukan. Termasuk, rutin menggelar patroli di lokasi yang rawan kecelakaan.

“Pada intinya, kami akan semaksimal mungkin memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat sebagai pengguna jalan saat operasi Nataru. Kami juga pastikan, jalur-jalur yang dilalui itu aman untuk dilewati,” pungkasnya. (Bud)

Artikel sebelumnyaCegah Kepala Daerah Korupsi, KPK Usulkan Biaya Kampanye Dibebankan Negara
Artikel selanjutnyaBhabinkamtibmas Jadi Ujung Tombak Polri Selama Penanganan Pandemi

BERIKAN KOMENTAR

Tulis komentar anda!
Tulis nama anda disini