Undip Buat Bus Anti COVID-19 Pertama di Indonesia

Bus Anti COVID-19 Undip
Rektor Undip Prof Yos Johan Utama (jas hitam) mendapat penjelasan soal bus anti COVID-19 buatan Undip.

Semarang, Idola 92,6 FM – Undip membuat bus anti COVID-19 pertama di Indonesia, dan diberi nama Bio Smart and Safe Bus. Pembuatan bus anti COVID-19 ini, bekerja sama dengan Karoseri Laksana dan PO Sumber Alam.

Ketua tim Dr Awal Prasetyo mengatakan bus yang dibuat itu, merupakan hasil penelitian dan telah dimulai pada 2020 dengan didanai program Matching Fund Kedaireka. Pernyataan itu dikatakannya di sela peluncuran bus anti COVID-19 di halaman gedung Rektorat Undip, Selasa (9/11).

Dr Awal menjelaskan, pengembangan riset bus anti COVID-19 ini menerapkan protokol kesehatan dengan ketat. Yakni kursi penumpang dipasang dengan jarak tertentu, dan ada beberapa fitur yang mampu mematikan virus maupun bakteri di dalam bus.

Menurutnya, guna mencegah penyebaran COVID-19 di dalam bus didesain dengan konsep segitiga sehat. Seluruhnya benar-benar dipastikan bebas dari penularan COVID-19, dan penumpang serta kru bus merasakan aman dan nyaman.

“Nano silver yang memungkinkan bus untuk bebas mikroba dan bakteri. Berikutnya adalah penggunaan hepafilter dan UV light, untuk mematikan virus di dalamnya. Bahkan, untuk menjaga imun penumpang, memakai masker herbal yang juga dibuatkan Undip,” kata Dr Awal.

Lebih lanjut Dr Awal menjelaskan, kehadiran bus anti COVID-19 ini merupakan wujud dukungan Undip dalam membantu pemerintah mengurangi penyebaran virus Korona.

Sementara itu Rektor Undip Prof Yos Johan Utama menambahkan, inovasi yang dilakukan dianggap bermanfaat dan mendukung upaya pemerintah dalam menangani pandemi.

“Inovasi yang sudah dirancang ini, jangan berhenti sampai di sini saja. Harus terus berkembang,” ujar Prof Yos. (Bud)

Artikel sebelumnyaIni Pesan Veteran Kepada Generasi Muda
Artikel selanjutnya2 Daerah di Jateng Persiapkan Pembentukan BPBD

BERIKAN KOMENTAR

Tulis komentar anda!
Tulis nama anda disini